Tutorial WordPress 12: Membuat Postingan

cover-membuat-postinganBagi sebuah blog hingga web berita, postingan merupakan bagian utama yang dapat memperkaya konten. Postingan yang dimaksud di dalam WordPress bisa disebut pos (post) atau artikel. Postingan ini tampil secara dinamis dan dapat memiliki kategori-kategori dan tag.

Berikut langkah-langkah membuat postingan pada WordPress.

Setelah masuk (login) ke halaman admin Anda, dan pada menu kiri, pilih Pos – Tambah Baru. Selain itu dapat melalui menu atas pada ikon (+ Baru) pilih Pos, atau Semua Pos – Tambah Baru.

tambah-postingan-1

Anda akan mendapati halaman editor postingan yang terdapat kolom untuk menuliskan judul dari postingan dan area menulis postingan.

menambah-postingan-2

Selain itu Anda dapat menggunakan editor WYSIWYG (what you see is what you get) dan opsi untuk mendesain tulisan Anda seperti layaknya aplikasi office secara umum. Kita akan mempelajari tentang ini pada halaman lain.

Tambahkan-postingan-3

Anda juga dapat menambahkan konten media seperti gambar, video, dan lainnya melalui tombol Tambahkan Media. Secara lebih jelas akan kita pelajari pada sesi berikutnya, Memasukkan Media.

tambah-postingan-4

Pada kolom sidebar kanan terdapat baris Kategori untuk memilih kategori tertentu terhadap postingan ini. Melalui bagian ini Anda juga dapat menambahkan langsung kategori yang belum Anda miliki sebelumnya.

tambahkan-kategori-5

Anda dapat memasukkan Tag, yang boleh Anda tambahkan atau tidak. Ketik nama tag pada penambahan tag dan apabila ingin memasukkan beberapa tag sekaligus, pisahkan antara tag dengan koma, dan klik Tambah.

tambahkan-postingan-6

Gambar Unggulan – Gambar unggulan ini menjadi gambar thumbnail Anda. Cara memasukannya klik Gambar Unggulan, sedangkan cara selanjutnya seperti menambahkan media di atas.

tambahkan-postingan-6

Setelah semua selesai, untuk tahap akhir, masih pada sidebar kanan, Anda dapat memilih dan menggunakan beberapa opsi pada kolom Terbitkan.

tambahkan-postingan-8

Simpan Draf – Ini menyimpan postingan sebagai konsep.

Pratinjau – Anda dapat melihat pratinjau terlebih dahulu sebelum postingan Anda dipublikasikan.

Pindahkan ke Tong Sampah – Menghapus postingan.

Status – Ubah status postingan Anda menjadi Diterbitkan, Menunggu Evaluasi, dan Draf. Klik Sunting untuk mengganti status.

Kenampakan Umum – Ubah kenampakan posting ke Umum dengan tambahan centang untuk opsi Lekatkan pos, atau pilihan Dilindungi sandi, atau Privat. Klik Sunting untuk mengganti ini.

Terbitkan segera – Mengubah tanggal dan jam postingan diterbitkan. Klik Sunting untuk mengedit ini.

Terbitkan – klik ini untuk mempublikasikan postingan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *