Tutorial WordPress 9: Menambahkan Kategori

cover-menambah-kategori

Kategori digunakan untuk mempermudah Anda dalam mengatur postingan secara hierarki atau bertingkat dan mempermudah pengunjung menemukan postingan berdasarkan kategori yang diinginkan.

Satu postingan dapat memiliki lebih dari satu kategori. Dan kategori ini sering digunakan pada widget atau pengaturan tema lain untuk menampilkan postingan berdasarkan satu kategori atau lebih.

kategori-1Untuk cara membuat kategori, masuk ke menu Pos → Kategori di halaman administrator Anda. Di halaman kategori utama terdapat dua kolom, kolom penambahan kategori dan daftar kategori yang sudah ada atau sudah dibuat.

Langsung ke bagian kolom sebelah kiri untuk menambahkan kategori. Pada penambahan kategori ini terdapat beberapa isian seperti berikut.

Nama – Sebagai nama kategori yang akan tampil, anda dapat menggunakan campuran huruf besar dan kecil.tambah-kategori-2

Slug – Sebagai URL atau nama tautan untuk kategori yang akan dibuat. Anda dapat membiarkan saja kosong karena slug dapat dibuat otomatis dari nama kategori di atas.

Kategori Induk – Dengan memilih kategori induk, Anda dapat menetapkan kategori yang dibuat akan menjadi sub kategori sebagai hierarki. Misalnya Anda telah sebuah kategori Film, selanjutnya Anda ingin membuat sub kategori dengan nama Film Action, kategori Film tersebut merupakan kategori induk dari Film Action. Apabila tidak memiliki kategori induk, biarkan saja dengan pilihan Tak ada.

Deskripsi – Tambahka deskripsi singkat tentang kategori Anda, dan ini bersifat opsional. Tapi beberapa tema akan menampilkan deskripsi kategori ini pada halaman arsip kategori.

Setelah mengisi informasi tentang kategori, klik Tambah Kategori Baru guna menambahkan kategori.

Setelah mengklik Tambah Kategori Baru, kategori yang baru dibuat tersebut akan ditampilkan pada kolom kanan daftar kategori. Karena pada contoh gambar Om membuat kategori ini sebagai sub kategori dari Film, maka ada tanda ‘– ‘ tanpa tanda petik di depan nama kategori. Sub kategori ini ada di bawah kategori Film yang menandakan kategori Film Action sebagai sub kategori dari kategori Film.

tambah-kategori-3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *