Tutorial WordPress 11: Menghapus Kategori

cover-menghapus-kategoriPada tutorial kali, ini kita akan mempelajari cara Menghapus Kategori di WordPress. Cara menghapus kategori ada dua cara melalui halaman kategori atau halaman kategori.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menghapus kategori WordPress.

Masuk ke menu Pos → Kategori pada halaman administrator WordPress Anda. Lihat pada bagian daftar kategori sebelah kanan.

kategori-1

Cara Pertama

Anda dapat menghapus salah satu kategori, pada contoh kategori Film Action (Kategori Action dibuat pada sesi sebelumnya pada Cara Menambah Kategori. Arahkan kursor ke atas nama kategori yang ingin dihapus, hal ini akan memunculkan beberapa opsi, klik tulisan Hapus yang berwarna merah seperti yang Anda lihat pada gambar.

hapus-kategori-2

Setelah Anda mengklik pada hapus, Anda akan mendapatkan pesan pop up yang meminta konfirmasi untuk menghapus suatu kategori seperti yang ditunjukkan pada screen shot berikut.

hapus-kategori-3

Klik Ok untuk menghapus kategori secara permanen.

Cara Kedua

Setelah masuk pada halaman kategori, klik nama salah satu kategori yang ingin dihapus, atau arahakan kursor pada nama kategori tersebut dan klik Sunting.

hapus-kategori-4

Anda akan dibawa ke halaman sunting (edit) kategori tersebut. Klik tulisan Hapus yang berwarna merah di bawah di sebelah kanan tombol Perbarui.

hapus-kategori-5

Anda akan mendapatkan pesan yang sama seperti cara pertama, klik Ok untuk mengkonfirmasi bahwa Anda menyetujui penghapusan kategori ini secara permanen.

Menghapus kategori akan menghapus relasi apa pun yang berkaitan dengan postingan.

Tak Berkategori merupakan kategori bawaan dari WordPress yang tidak dapat Anda hapus. Apabila Anda tidak ingin menggunakan kategori ini, cukup ganti semua postingan yang menggunakan kategori ini dan ganti peraturan default kategori pada Pengaturan Menulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *