Tutorial WordPress 14: Menghapus Postingan

cover-menghapus-postinganPada bagian ini, Kita akan mempelajari bagaimana menghapus artikel sementara dan permanen dari WordPress. Pada WordPress, setelah menghapus postingan, Anda masih dapat mengembalikan pos yang telah dihapus tersebut. Selain itu, Anda juga dapat menghapus secara permanen artikel yang sudah dihapus itu.

Selain menambah dan mengedit, menghapus postingan merupakan salah satu fitur standar yang dibuat dalam suatu aplikasi atau website. Menghapus pos sangat mudah, ikuti langkah-langkah berikut.

Menghapus Postingan Sementara

Setelah login, masuk ke Pos → Semua Pos di halaman administrator WordPress Anda. Anda akan melihat daftar semua pos yang telah dibuat.

Arahkan kursor pada artikel yang ingin dihapus, kemudian pilih Buang.

hapus-postingan-1

Selain cara di atas, Anda dapat menghapus pos melalui halaman editor pos. Caranya, arahkan kursor pada salah satu artikel dan klik Sunting. Pada sidebar kanan bagian Terbitkan di halaman editor pos tersebut, klik Pindahkan ke Tong Sampah.

Dengan menghapus postingan meskipun sementara, postingan sudah tidak terlihat lagi pada halaman depan website dan halaman Semua Pos admin Anda.

Mengembalikan Postingan yang Dihapus

Seperti yang disampaikan sebelumnya, Kita juga dapat mengembalikan pos yang telah dihapus. Masih pada halaman Semua Pos, apabila Anda telah atau pernah menghapus postingan maka akan tampil satu tautan dengan nama Sampah di atas daftar pos. Klik tautan tersebut untuk melihat daftar pos yang telah dibuang.

hapus-postingan-2

Arahkan kursor pada pos yang telah dihapus tersebut yang akan muncul tautan, pilih Kembalikan. Maka postingan yang telah dihapus sebelumnya, seharusnya sudah kembali ke daftar Semua Pos.

hapus-postingan-3

Menghapus Postingan Permanen

Sebelum menghapus secara permanen, Anda terlebih dahulu harus telah menghapus secara standar (sementara) seperti di atas.

Seperti mengembalikan pos yang dihapus di atas, akan tampil tautan dengan nama Sampah jika Anda telah menghapus sementara. Klik tautan tersebut dan akan menampilkan daftar pos yang telah dihapus.

Arahakan kursor pada judul artikel yang telah dihapus tersebut, kemudian pilih Hapus secara permanen. Setelah menghapus secara permanen, Anda tidak dapat mengembalikan kembali postingan tersebut.

hapus-postingan-4

2 pemikiran untuk “Tutorial WordPress 14: Menghapus Postingan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *