Tutorial WordPress 6: Pengaturan Diskusi (Komentar)

pengaturan-diskusi

Pengaturan Diskusi dapat dikatakan mengatur interaksi antara penulis dengan pengunjung melalui kolom komentar. Pengaturan ini dilakukan oleh admin untuk memiliki kontrol terhadap komentar.

Setelah login, melalui menu sebelah kiri halaman admin klik Pengaturan → Diskusi.

pengaturan-diskusi-1

Pengaturan diskusi ditampilkan seperti berikut

Pengaturan-Diskusi-2

Bidang isian berikut terlihat dalam Pengaturan Diskusi.

Pengaturan tulisan standar – Pengaturan ini sebagai default untuk postingan atau halaman yang baru di buat.

Pengaturan-Diskusi-3

Ini berisi tiga peraturan lagi.

  • Mencoba untuk memberitahukan setiap blog terkait dari artikel – Ketika Anda memasukkan tautan (link) artikel lain dalam satu blog, artikel ini akan mengirimkan pemberitahuan (mengirim ping dan trackback) melalui email dan masuk ke dalam notifikasi komentar. Apabila cukup mengganggu, hilangkan centang dari pengaturan ini.
  • Izinkan notifikasi tautan dari blog lain (pingbalik dan lacakbalik) pada artikel-artikel baru – Menerima ping dari blog lain yang memberikan tautan ke artikel Anda. Seperti di atas, notifikasi pemberitahuan pingbalik ini tampil di bagian Komentar halaman admin. Apabila tidak suka, Anda dapat menghilangkan centang ini.
  • Izinkan orang memposkan komentar pada artikel-artikel baru – Anda mengatur secara default untuk mengizinkan atau tidak mengizinkan orang lain mengomentari artikel Anda.

Anda dapat menimpa atau mengganti pengaturan default ini di dalam halaman editor postingan. Cara membuat postingan ada pada tutorial berikutnya.

Pengaturan komentar lainnya – Pengaturan ini memiliki opsi sebagai berikut.

Pengaturan-Diskusi-4

  • Penulis komentar harus menuliskan nama dan email – Ketika Anda mencentang kotak ini, pengunjung wajib untuk mengisi nama dan alamat email mereka kalau ingin komentar.
  • Pengguna harus terdaftar dan masuk log untuk berkomentar – Jika Anda mencentang kotak ini, hanya pengunjung yang terdaftar yang dapat meninggalkan komentar, jika tidak dicentang, siapa pun dapat menulis komentar, secara default tidak dicentang.
  • Secara otomatis menstop komentar pada artikel-artikel yang berumur lebih dari [jumlah] hari – Opsi ini memungkinkan Anda untuk menerima komentar dalam jangka waktu tertentu sesuai keinginan Anda. Kalau melewati hari yang ditentukan, maka pengunjung tidak dapat berkomentar lagi.
  • Aktifkan komentar bergulir (disarangkan) sedalam [jumlah] tingkat – Kalau Anda centang ini, pengunjung dapat membalas atau berdiskusi dan menanggapi komentar dengan batasan bertingkat sesuai jumlah pengaturan ini.
  • Bagi komentar ke dalam halaman-halaman dengan [jumlah] komentar tingkat puncak per halaman dan halaman [pertama/terakhir] ditampilkan secara standar – Jika halaman Anda mendapatkan banyak komentar, Anda dapat membaginya menjadi halaman yang berbeda dengan mencentang kotak ini.
  • Komentar seharusnya ditampilkan dengan komentar [lebih lama/lebih baru] di bagian atas setiap halaman – Anda dapat mengatur komentar berdasarkan yang terlama atau terbaru terlebih dulu.

Kirimkan email pada saya setiap kali – Pengaturan ini mengandung dua opsi:

Pengaturan-Diskusi-5

  • Seseorang mengirim komentar – Dengan mencentang kotak ini, penulis mendapat kiriman email untuk setiap komentar yang diposting pengunjung.
  • Sebuah komentar ditahan untuk moderasi – Centang kotak ini apabila Anda ingin memoderasi terlebih dahulu setiap komentar yang masuk sebelum tampil pada kolom komentar.

Sebelum sebuah komentar muncul – Terdapat dua opsi pada hal ini:

Pengaturan-Diskusi-6

  • Komentar harus disetujui secara manual – Jika dicentang, hanya komentar yang disetujui oleh admin yang dapat tampil dalam kolom komentar.
  • Penulis komentar harus mempunyai komentar yang disetujui sebelumnya – Ini dapat dicentang jika Anda menyetujui komentar dari seorang pengunjung yang telah berkomentar sebelumnya, dan memiliki alamat email yang sama dengan sebelumnya. Kalau berbeda, komentar ini tetap akan dimoderasi.

Moderasi Komentar – Hanya berisi sejumlah tautan tertentu yang diizinkan masuk ke dalam komentar

Daftar Hitam Komentar – Jika ada kata-kata, namanya, URL, email, atau IP-nya yang dimasukkan terdapat dalam kotak yang Anda input di sini, komentar tersebut akan dibuang ke Tong Sampah.

Avatar – Avatar adalah gambar kecil yang ditampilkan di sudut kanan atas layar dasbor admin Anda. Gambar ini juga yang akan tampil pada gambar kecil komentar ini mengikuti Anda dari weblog ke weblog yang muncul di samping nama Anda ketika mengomentari situs yang mengaktifkan avatar. Seperti gambar profil, gambar ini bisa berupa foto profil, logo, dan lain sebagainya.

contoh gambar gravatar
Contoh Gravatar
  • Tampilan Avatar – Jika dicentang akan menampilkan avatar pengomentar.
  • Rating Maksimal – Anda memiliki empat opsi avatar lain yang dapat Anda gunakan, G, PG, R, dan X. Ini adalah bagian usia di mana Anda memilih menurut jenis pengunjung yang ingin menampilkan postingan. Pengaturan rating ini adalah diatur pengguna tersebut di akun gravatar.com. 
  • Avatar Standar – Dalam opsi ini, ada beberapa jenis avatar default dengan gambar, apabila pengomentar tidak memiliki avatar, maka pilihan inilah yang akan tampil.

Setelah pengaturan selesai dilakukan, klik Simpan Perubahan untuk menyimpan pengaturan diskusi.

Membuat Gravatar

Anda dapat mendaftar di Gravatar untuk memiliki gambar avatar Anda sendiri (gambar profil) yang dapat digunakan baik untuk berkomentar pada blog Anda sendiri maupun pada blog lain. Avatar ini tampil berdasarkan email yang Anda daftarkan tersebut dan tampil ketika Anda berkomentar dalam suatu blog.

2 pemikiran untuk “Tutorial WordPress 6: Pengaturan Diskusi (Komentar)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *