Tutorial WordPress 7: Pengaturan Media dan Memahaminya

cover-pengaturan-media

Pengaturan Media ini mengotrol mengenai gambar dan mengatur lebar dan tinggi gambar yang Anda gunakan pada website Anda.

Di sini terdapat pengaturan pembuatan gambar thumbnail dan bagaimana mengorganisasi folder tempat media di simpan. Tetapi bagi yang baru di dunia WordPress mungkin perlu sedikit memahami terkait thumbnail yang dibuat WordPress ini.

Untuk mengetahui pengaturan media ini dapat Anda temukan pada Pengaturan → Media melalui menu kiri halaman administrator. Pada pengaturan media ini terdapat dua pengaturan utama yaitu Ukuran gambar dan Mengunggah Berkas.

pengaturan-media-1

Ukuran gambar

pengaturan-media-2

Setiap kali Anda mengunggah (upload) file gambar ke WordPress, berdasarkan pengaturan ini memungkinkan Anda untuk menggandakannya menjadi beberapa ukuran. Dan hal ini sangat berguna jika Anda, misalnya, ingin menampilkan gambar mini atau ukuran lain yang lebih besar.

WordPress benar-benar menambahkan gambar serupa yang diunggah, tetapi dengan ukuran berdasarkan ukuran atau ukuran maksimal tersebut. Selain itu tema yang digunakan biasanya menambahkan thumbnail versi ukurannya sendiri yang tidak terlihat pada pengaturan ini.

Ukuran miniatur – Ukuran ini secara default 150x150px, dengan terdapat satu fitur lain yaitu:

  • Pangkas miniatur ke dimensi yang sama – Dengan mencentang ini ukuran tinggi dan lebar ukuran miniatur benar-benar sesuai yang diatur.

pengaturan-media-4-contoh-gambar-thumbnail

Ukuran sedang dan Ukuran besar – Ukuran ini akan mengenerate ukuran maksimal berdasarkan tinggi dan lebar yang diinputkan. Ketika gambar yang Anda unggah memiliki lebar atau tinggi yang tidak mencapai ukuran dalam pengaturan, gambar tidak akan digandakan. Atau misalnya gambar Anda memiliki lebar 400x200px, maka WordPress akan menggandakan untuk Ukuran sedang dengan ukuran lebar 300px dan tinggi yang akan mengikuti secara porposional. Begitu pun sebaliknya terhadap tinggi, misalnya gambar Anda 200x400px, gambar yang digandakan untuk Ukuran sedang, tingginya akan menjadi 300px dengan lebar yang porposional.

Selain digunakan sebagai gambar thumbnail, hal ini bermanfaat bagi Anda ketika ketika membuat postingan atau laman dimana Anda ingin menambahkan atau perbarui gambar lampiran. Anda dapat memilih beberapa jenis ukuran untuk ditampilkan pada postingan. Mengenai cara menambahkan postingan, dapat Anda temui pada tutorial berikutnya.

pengaturan-media-4
Penambahan media pada postingan

Apabila Anda tidak ingin menggandakan ke ukuran-ukuran tersebut, mungkin dengan suatu alasan, seperti tema Anda sudah membuat penambahan thumbnail sendiri yang cukup banyak. Yang Anda lakukan cukup mengganti nilai lebar dan tingginya menjadi 0 (nol), pada ukuran yang tidak ingin digandakan.

Dan apabila tidak ingin mengubah apa pun, biarkan saja seperti pengaturan default.

Mengunggah Berkas

pengaturan-media-3

Dengan mencentang kotak ini, gambar yang diunggah akan diatur ke dalam folder berdasarkan tahun dan bulan.

Setelah selesai mengatur ini klik Simpan Perubahan untuk menyimpan pengaturan media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *