Tutorial WordPress 5: Pengaturan Membaca

cover-pengaturan-membaca

Pengaturan Membaca ini penyetelan default untuk tampilan pada halaman pengunjung website. Pengaturan ini terkait halaman beranda (home page), jumlah postingan halaman beranda dan arsip, daftar blog yang tampil dengan teks penuh atau berupa ringkasan. Serta mengaktifkan atau menonaktifkan indeks oleh mesin pencari.

Setelah login Anda masuk ke Pengaturan → Membaca di menu sebelah kiri halaman administrator.

pengaturan-membaca-1

Tampilan Pengaturan Membaca seperti berikut:

Pengaturan-Membaca

Berikut ini rincian konfigurasi isian pengaturan membaca.

Tampilan beranda Anda – Bagian ini digunakan untuk memilih jenis tampilan halaman depan dalam salah satu opsi format berikut

  • Pos-post terbaru Anda – Menampilkan daftar (lists) postingan-postingan terbaru di halaman depan.
  • Halaman statis – Menampilkan halaman statis pada halaman depan, Anda memilih menampilkan salah satu laman khusus. Memilih opsi ini akan mengaktifkan pilihan lain.
  • Beranda – Anda dapat memilih salah satu laman yang akan digunakan sebagai halaman beranda (home). Sebelumnya Anda sudah membuat salah satu laman yang akan digunakan sebagai beranda (biasanya dengan nama home, beranda, homepage, dan terserah Anda).
  • Laman Pos-pos – Di kotak drop-down, pilih nama laman yang akan memuat tulisan Anda. Jika Anda tidak memilih laman di sini, daftar postingan Anda hanya akan dapat diakses melalui fitur navigasi lainnya seperti kategori, kalender, atau tautan arsip. Kalau Anda tidak ingin memilih ini sebaiknya dikosongkan saja.

Halaman blog menampilkan paling banyak – Jumlah daftar postingan yang akan ditampillkan perhalaman, secara default ditetapkan 10. Jumlah daftar pos ini digunakan di halaman beranda apabila diatur Post-post terbaru Anda di atas, dan di halaman arsip kategori, tag, dan lainnya.

Umpan sindikasi menampilkan yang paling baru – Pengguna dapat melihat jumlah postingan saat pengunjung mengambil salah satu feed website Anda. Secara default ditetapkan 10.

Untuk tiap artikel di dalam umpan, tampilkan – Bagian ini berhubungan dengan Umpan sindikasi (RSS Feed) di atas, untuk memilih bagaimana yang ingin ditampilkan setelah judul:

  • Teks penuh – Ini menampilkan isi postingan secara lengkap. Merupakan pengaturan default.
  • Ringkasan – Ini menampilkan ringkasan isi postingan.

Untuk penjelasan mengenai umpan sindikasi (RSS Feed) ini dapat Anda baca lebih lanjut di Apa itu RSS Feed? Cara Mengatur RSS Feed di Blog WordPress.

Penampakan pada Mesin Pencari – Setelah mengklik pada kotak centang, Anda mencegah mesin pencari dari mengindeks situs ini, website Anda akan diabaikan oleh mesin pencari.

Setelah pengaturan selesai, klik tombol Simpan Perubahan untuk menyimpan Pengaturan Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *