Tutorial WordPress 4: Pengaturan Menulis

cover-pengaturan-menulis

Pengaturan menulis mengontrol beberapa opsi standar (default) dari menulis postingan pada website. Pengaturan ini mengatur kategori pos standar, format pos bawaan, serta fungsi opsional seperti melakukan posting melalui email, kategori pos default untuk email, dan perbarui layanan.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatur tulisan.

Setelah login, masuk ke menu Pengaturan → Menulis. Halaman pengaturan menulis tampil seperti berikut.

pengaturan-menulis

Kategori Pos Standar – Ini adalah kategori default yang akan diterapkan pada postingan Anda. Seperti ketika Anda tidak memilih kategori ketika membuat pos, maka kategori yang diatur default inilah yang otomatis dipilih.

Format Pos Bawaan – Ini mengatur format postingan default yang akan terpilih. Melalui format pos ini Anda mendapat tampilan yang berbeda untuk berbagai jenis pos. Diantaranya, format pos terdiri dari format video, galeri, tautan, suara, chat, kutipan, dan lain-lain. Tetapi ketersediaan format pos ini tergantung tema Anda.

Memposkan via email – Opsi ini menggunakan alamat email untuk membuat dan menerbitkan postingan di blog Anda. Untuk menggunakan fitur ini Anda harus menyiapkan akun email rahasia dengan akses POP3, dan semua email yang diterima di alamat ini akan melakukan posting artikel.

  • Server Mail – Ini memungkinkan membaca email yang Anda kirim ke WordPress dan menyimpannya untuk diambil. Untuk ini Anda harus memiliki server email POP3 yang kompatibel, Anda dapat menggunakan akun Gmail Anda atau akun email dengan domain sendiri. Kebanyakan penyedia hosting menawarkan akun email gratis.
  • Nama log – Untuk membuat postingan, WordPress akan membutuhkan akun emailnya sendiri. Nama login menggunakan alamat email ini dan harus dijaga kerahasiaannya dari spammer.
  • Sandi – Isi kata sandi sesuai sandi alamat email di atas.
  • Kategori Surat Standar – Default kategori yang terpilih ketika mengirim postingan melalui email.

Postingan melalui email ini hanya bersifat opsional, Anda tidak harus mengatur ini. Tetapi apabila Anda ingin menggunakan fitur ini Anda dapat baca di cara memposting artikel WordPess via email.

Perbarui Layanan – Ketika Anda mempublikasikan postingan baru, WordPress akan secara otomatis memberitahukan layanan pembaruan situs yang berada di dalam kotak form isian perbarui layanan. Untuk menambahkan layanan pembaruan lain, cukup tambahkan ke dalam daftar.

Tujuannya, layanan ping tersebut akan diberitahu tentang posting baru atau posting lama yang diperbarui, kemudian mesin pencari akan mengindeksnya.

Untuk menemukan daftar lain pembaruan layanan, Anda dapat klik url Layanan Pembaruan yang berada di dalam informasi di atas kotak isian daftar layanan. Anda akan dibawa ke halaman codex WordPress mengenai pembaruan layanan (update service).

Selain itu terdapat sejumlah layanan ping yang diberikan di dalam codex tersebut yang dapat Anda masukkan ke dalam kotak pembaruan layanan Anda. Tetapi sayangnya, beberapa layanan tersebut sudah tidak aktif lagi.

Menurut Om, Apabila Anda tidak terlalu paham mengenai layanan ping ini, cukup biarkan menggunakan perbaruan layanan default itu saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *