Fitur Baru Apa Saja di WordPress 5.1 “Betty”?

WordPress kembali merilis pembaruan versi 5.1 yang dipanggil dengan nama “Betty”. Diberi nama Betty ini sebagai penghargaan terhadap vokalis jazz terkenal Betty Carter.

Sejak versi 5.0 paling utama memperkenalkan editor blok postingan baru dan di 5.1 ini katanya bertujuan meningkatkan kinerja editor secara keseluruhan. Selain itu, rilis ini membuka jalan menjadi lebih baik, cepat, dan lebih aman dengan beberapa tool penting bagi admin dan pengembang web.

Apa saja yang baru pada versi ini:

Fitur Site Health (Kesehatan Website)

Rilis ini juga memperkenalkan fitur baru Site Health. Tujuan fitur ini ketika Anda memasang plugin baru, fitur ini akan memeriksanya terhadap versi PHP yang Anda jalankan. Jika plugin memerlukan versi yang tidak akan berfungsi dengan situs Anda atau tidak sesuai dengan versi PHP Anda, WordPress akan membuat Anda tidak menginstal plugin tersebut.

Kinerja Editor

WordPress juga mengklaim sejak diperkenalkan pada versi 5.0, editor blok (editor baru) semakin membaik. Paling signifikan di WordPress 5.1 termasuk peningkatan kinerja yang solid bagi editor. Pengedit harus merasa sedikit lebih cepat dalam memulai dan mengetik harus terasa lebih lancar.

Dikatakannya, diharapkan lebih banyak peningkatan kinerja dalam beberapa rilis mendatang.

Kebahagiaan Pengembang (Developer)

Multisite Metadata, pada versi 5.1 ini juga memperkenalkan tabel database baru untuk menyimpan metadata yang terkait dengan situs dan memungkinkan penyimpanan data web yang relevan dalam konteks multisite/jaringan.

Cron API, telah diperbarui dengan fungsi-fungsi baru guna membantu mengembalikan data dan menyertakan filter baru untuk memodifikasi cron storage. Perubahan perilaku lainnya memengaruhi cron spawning di server yang menjalankan FastCGI dan PHP-FPM versi 7.0.16 dan di atasnya.

Proses Pembangunan JS Baru, fitur-fitur  WordPress 5.1 membangun opsi JavaScript baru, mengikuti reorganization besar kode yang dimulai sejak rilisnya 5.0.

Dan beberapa keuntungan lainnya bagi Developer.

Sumber: wordpress.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *