Cara Menghapus Laman (Halaman) WordPress

Pada bagian ini, kita akan belajar cara menghapus laman (halaman) WordPress.

Ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah (1) – Klik Laman – Semua Laman setelah Anda login.

Langkah (2) – Arahkan kursor ke judul yang lamannya ingin Anda hapus dari daftar (list). Kemudian beberapa opsi akan tampil, klik opsi Tong Sampah untuk menghapus laman.

Anda dapat mencoba menghapus Laman Contoh (Laman Contoh dibuat secara default oleh WordPress ketika pertama kali install WordPress).

Atau alternatif lain, Anda juga dapat menghapus langsung ketika mengedit atau menambahkan laman dengan meng-klik tombol Pindah ke Tempat Sampah seperti yang tertera pada gambar berikut.

Langkah (3) – Untuk mengetahui hasilnya, lihat pada daftar laman (Semua Laman). Seharusnya judul laman yang telah Anda hapus tidak tampil lagi, dan pengunjung blog atau website Anda tidak dapat melihat laman ini lagi.

Tetapi, meskipun Anda telah menghapus laman, sebenarnya laman tidak betul-betul terhapus. Setelah dihapus akan tampil tulisan di atasnya, kalau Anda masih bisa membatalkan penghapusan dengan klik Batalkan.

Atau Anda dapat melihat laman-laman yang telah Anda hapus melalui link daftar Sampah seperti yang Anda lihat pada gambar di bawah.

Jika Anda klik Sampah, Anda akan melihat daftar laman yang telah dihapus. Arahkan pada judul laman yang telah Anda hapus ini akan tampil dua (2) opsi, Kembalikan dan Hapus secara permanen.

Klik Kembalikan untuk mengembalikan laman pada daftar laman sehingga dapat dilihat kembali oleh pengunjung. Atau jika Anda betul-betul yakin ingin menghapus laman ini selamanya, Anda dapat klik Hapus secara permanen. Hapus secara permanen tidak wajib karena yang jelas ketika Anda telah menghapus laman atau laman telah berada di tong sampah, pengunjung website sudah tidak dapat melihat laman ini lagi.

Jika terdapat banyak laman yang ingin dihapus secara bersamaan, Anda dapat klik tombol Kosongkan Tong Sampah, yang berarti akan menghapus secara massal seluruh laman yang berada di tong sampah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *