Apa Itu Revisi WordPress dan Cara Menggunakannya

WordPress memiliki fitur revisi postingan dimana kita dapat melihat dan mengembalikan update dan revisi postingan yang pernah kita buat sebelumnya.

Selain itu WordPress menyimpan revisi secara otomatis setelah 60 detik ketika pengguna sedang mengedit tulisan postingan dan ketika terjadi pengubahan pada postingan. Ini juga salah satu kelebihannya, fitur revisi ini tidak akan menyimpan secara otomatis apa pun kalau tidak ada pengubahan yang dilakukan terhadap postingan.

Revisi ditambahkan WordPress lantaran memiliki alasan yang sangat penting, salah satunya yaitu untuk mencegah resiko kehilangan data. Komputer itu tidak dapat diprediksi, Anda tidak pernah tahu kapan browser terjadi crash atau komputer dapat melakukan restart, bisa juga Anda tidak sengaja menutup browser atau merefresh halaman. Semua hasil kerja Anda dapat hilang sehingga WordPress mengantisipasi hal ini dengan memberikan fitur revisi otomatis.

Apabila ada pembaruan pada artikel tetapi Anda tidak sempat menyimpannya, dan ketika masuk kembali ke editor postingan tersebut akan ada pemberitahuan supaya Anda dapat mengembalikan pembaruan tersebut atau tidak.

Bahkan ketika Anda telah menambahkan editan dan menutup editing tanpa menyimpan sedangkan WordPress tidak sempat menyimpan ke database, WordPress akan menyimpan ke browser Anda, ketika kembali Anda masih mendapat pemberitahuan apakah Anda ingin mengembalikan pengubahan editan tersebut atau tidak.

revision-1

Alasan penting lainnya terhadap fitur revisi ini adalah meningkatkan alur kerja editorial. Ada saat ketika Anda membuat kesalahan dan kemudian mengganti seluruh ide Anda. Namun setelah beberapa waktu atau hari, Anda ingin mengembalikan gagasan tersebut, di sini fitur revisi menjadi bermanfaat. Anda juga dapat membandingkan versi postingan saat ini dengan yang lebih lama.

Meskipun telah mengembalikan revisi, Anda masih dapat mengembalikan lagi ke sebelum perubahan tersebut.

Cara Penggunaan Revisi Pos

Untuk melihat pemberitahuan sebelumnya, Anda dapat melihatnya di kolom sebelah kanan Terbitkan yaitu Revisi: [jumlah], klik pada tautan Telusuri.

revision-1

Geser (drag) slider untuk melihat revisi-revisi lainnya atau menggunakan tombol Sebelumnya dan Berikutnya. Anda akan menemukan apa yang telah diubah, apa yang tetap tidak berubah, dan apa yang dihapus. Tulisan yang telah dihapus atau diubah berwarna merah muda, dan penggantinya berwarna hijau.

revision-4-2

Anda juga dapat melihat revisi langsung berdasarkan tanggal, dapat ditemukan di kolom bawah editor postingan dengan nama Revisi yang menampilkan detail informasi revisi. Dengan mengklik tautan ini Anda akan dibawa langsung ke revisi pada tanggal tersebut.

revision-3

Revisi dengan tulisan Simpan Otomatis artinya revisi tersebut terjadi karena disimpan secara otomatis oleh WordPress.

Revisi otomatis ini dan intervalnya berdasarkan 60 detik tersebut dapat dikelola dan diganti, bahkan Anda dapat menonaktifkan fitur revisi update atau mengurangi interval revisi otomatis ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *