Apa itu RSS Feed? Cara Menggunakan RSS Feed Blog WordPress

Guna mendapatkan informasi update terbaru dari situs favoritnya, pengunjung mengambil RSS Feed dari situs tersebut pada perangkatnya, seperti bookmark di browser atau lainnya. Setiap situs WordPress juga secara otomatis menerbitkan RSS Feed terhadap konten dan komentarnya.

Melalui feed yang sering disebut sebagai feed berita ini, pembaca mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan update konten terbaru dari website Anda. Pembaca tidak harus mengunjungi website favoritnya secara langsung setiap kali ingin memeriksa apakah terdapat update berita terbaru. Mereka dapat menggunakan RSS feed dari situs tersebut.

RSS memungkinkan penerbit konten secara berkala otomatis mensindikasikan konten mereka, sehingga orang dapat membaca melalui kotak masuk email, feed reader atau perangkat lain. RSS pada dasarnya adalah dokumen XML terstruktur yang mencakup teks lengkap atau ringkasan bersama metadata lain seperti tanggal yang dipublikasi, nama penulis, dan lainnya.

Cara Menggunakan RSS Feed

Feed dapat dibaca menggunakan program yang berbasis web, desktop, sampai mobile.

Contohnya, bagi browser desktop, Anda dapat menggunakan add-on browser yang dapat digunakan secara gratis, untuk Google Chrome dapat menggunakan add-on / extentions RSS Feed Reader. Anda cukup memasukkan/salin url dari RSS Feed situs-situs favorit Anda ke add-on tersebut.

Nantinya Anda akan melihat nofikasi pada icon RSS Feed Reader yang berada di sebelah kanan kotak URL browser Anda ketika terdapat pembaruan konten. Selain itu Anda juga dapat melihat judul konten-konten terbaru lainnya.

Anda dapat menemukan RSS Feed tersebut pada sebuah website, biasanya tautan dengan nama RSS atau gambar  dan berwarna oranye seperti di bawah. Tautan itu biasanya adalah RSS Feed dari website tersebut.

Mengatur jumlah RSS Feed di WordPress

Pengaturan-Membaca-RSS-feedSetelah login masuk ke Pengaturan → Membaca, lihat Umpan sindikasi menampilkan yang paling baru secara default WordPress menerapkan 10 postingan, Anda dapat mengganti jumlahnya.

Dan pada Untuk tiap artikel di dalam umpan, tampilkan, pilih Teks penuh apabila ingin menampilkan seluruh isi postingan Anda, atau pilih Ringkasan yang akan menampilkan kutipan dari artikel Anda tersebut.

Tambahkan / Tampilkan RSS Feed Anda

Sebagai pengguna WordPress, website Anda sudah menerbitkan RSS Feed. Anda dapat mendorong pengunjung untuk berlangganan RSS Feed Anda dengan menambahkan icon RSS di sidebar atau lokasi lain yang menonjol dengan mengaitkan tautan feed Anda.

Di mana Letak Tautan RSS Feed WordPress Anda?

WordPress secara otomatis generate RSS Feed Anda, Anda dapat menemukan feed WordPress di

http://namadomainanda.com/feed.

http://namadomainanda.com/blog/feed (jika install-an wordpress Anda berada di dalam subdomain, mis. “blog”)

URL tersebut merupakan feed default dari website WordPress Anda.

Atau, Anda ingin mengampilkan RSS Feed dari kategori Anda, supaya pengunjung Anda dapat mengambil feed berdasarkan kategori yang diinginkannya.

http://domainanda.com/category/nama-kategori/feed, misalnya https://om-wp.com/kategori/berita/feed/

Anda juga dapat menampilkan postingan dari RSS Feed ini di dalam website Anda menggunakan Widget bawaan WordPress yaitu RSS, misalnya di sidebar Anda. Bahkan Anda dapat memasukkan RSS website lain ke dalam widget ini kalau ingin menampilkan judul berita terbaru dari website lain tersebut.

Menggunakan FeedBurner

Anda dapat menggunakan layanan burning feed untuk mendapatkan statistik tambahan terkait feed Anda. Salah satu layanan yang populer yaitu FeedBurner. Menggunakan layanan yang telah diakuisisi oleh Google ini, Anda dapat menambahkan newsletter menggunakan layanan ini sehingga pelanggan Anda juga dapat menerima email newsletter terkait postingan terbaru Anda.

2 pemikiran untuk “Apa itu RSS Feed? Cara Menggunakan RSS Feed Blog WordPress”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *