Cara Backup Seluruh File dan Database Website

Mem-backup atau mencadangkan file dan database website merupakan hal penting yang harus dilakukan. Baik untuk berjaga-jaga terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, maupun sebelum melakukan perubahan pada website. Kalau pada WordPress perubahan theme, plugin, atau upgrade versi WordPress.

Penting, di sini akan dijelaskan cara backup seluruh file dan database, dengan catatan masih tersedia banyak storage hosting yang Anda miliki, karena file backup akan disimpan pada storage hosting Anda. Jumlah storage yang masih tersedia dapat Anda lihat pada CPanel hosting Anda. Misalkan hosting Anda 1 (satu) Gb, dan storage yang digunakan masih di bawah 500Mb berarti Anda masih bisa membackup dengan cara ini. Tetapi jika storage Anda di atas 500Mb sebaiknya menggunakan cara backup lainnya yaitu Cara Backup Lengkap WordPress dari CPanel atau Cara Mudah Backup dan Restore Data WordPress dari Halaman Admin.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan backup seluruh file dan database.

Masuk ke CPanel hosting Anda, pada bagian File klik Wizard Pencadangan

Pada Wizard Pencadangan pilih dan klik tombol Back Up, lalu klik tombol Cadangan Lengkap

Input alamat email dimana akan dikirimkan pemberitahuan ke email ini jika pencadangan atau backup telah selesai. Lalu klik tombol Buatkan Cadangan.

Tunggu beberapa saat untuk hosting melakukan backup dan tunggu sampai Anda menerima email pemberitahuan. Jika telah menerima pemberitahuan klik tombol Kembali.

Kalau backup memang telah selesai akan tampil file berektstensi .tar.gz yang siap untuk di download (unduh). Klik link file tersebut untuk mendownloadnya, dan tunggu sampai selesai pengunduhan.

Jika terjadi sesuatu terhadap website, Anda hanya perlu melakukan restore atau pemulihan kembali.

Jika Anda telah selesai mendownload file backup dan hosting Anda terbatas, mungkin Anda ingin menghapus file tersebut agar tidak memenuhi storage hosting Anda.

File tersebut berada di file utama website Anda, caranya pada bagian File di CPanel, klik Pengelola File.

Anda akan menemukan file backup berekstensi tar.gz dengan nama seperti link di atas. Untuk menghapus file klik kanan pada file tersebut, lalu pilih dan klik Delete. Centang Lompati sampah dan hapus file secara permanent lalu klik Confirm.

Jika ingin merestore kembali, upload atau unggah file yang telah Anda download tadi ke tempat semula di file utama website. Lakukan restore melalui Wizard Pencadangan tadi, pilih Pulihkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *