Cara Hilangkan Tulisan “Kategori” / “Tag” di Laman Arsip WordPress

Secara default laman arsip WordPress seperti kategori dan tag akan menampilkan judul dengan nama Kategori: {nama kategori} ketika diakses pengunjung. Laman arsip merupakan halaman yang dilihat pengunjung ketika melihat daftar (lists) dari suatu kategori atau tag postingan.

Jadi, misalnya kategori Anda memiliki nama Film Action, maka judul dari daftar kategori itu tertulis Kategori: Film Action atau Category: Film Action.

Khususnya web blog atau berita yang sering menggunakan banyak kategori dan tag ini, selain itu sering ditempatkan di menu utama website.

Mungkin sebagian orang atau pemilik web ingin menghilangkan tulisan Kategori atau Tag sebelum nama kategori sebenarnya tersebut. Atau barangkali ingin menggantinya dengan nama sendiri. Misalnya tag ingin diganti menjadi tulisan label, maka misalnya Tag Buku Komik akan menjadi Label Buku Komik.

Untuk menghilangkan atau mengganti tulisan default tersebut, Anda cukup menambahkan filter pada tema Anda.

Buka file functions tema yang berada di public_html → wp-content → themes {nama tema yang sedang aktif} → functions.php. Kemudian tambahkan script filter berikut ini:

add_filter( 'get_the_archive_title', function ( $title ) {
  if( is_category() ) {
     $title = single_cat_title( '', false );
  }
  if( is_tag() ) {
     $title = single_tag_title( '', false );
  }
  return $title;
});
ganti-tulisan-kategori-wordpress

Jika ingin mengganti tulisan cukup masukkan kata penggantinya diantara tanda petik dua. Misalnya Tag ingin diganti Label maka ditambah seperti ini: single_tag_title(“Label ”, false);. Sedangkan kategori diantara titik dua fungsi single_cat_title( “”, false);

Tetapi mungkin beberapa tema sudah menghilangkan tulisan Kategori dan Tag ini, sehingga Anda tidak perlu lagi menambahkan filter pada tema.

11 pemikiran untuk “Cara Hilangkan Tulisan “Kategori” / “Tag” di Laman Arsip WordPress”

  1. Alhamdulillah berhasil….
    saat saya coba tambahkan script diatas di functions.php hari ini, akhirnya hilang juga tulisan Category nya.

    Mantabs Om artikelnya, Sukses Selalu ya

  2. maaf gan,
    script yang agan buat itu hanya tulisan “tag” yang hilang.
    kalau sekalian dengan judul tag-nya disembuyikan
    bagaimana script filter nya
    trims atas responya

    1. Untuk judul kategori bukan menyembunyikan gan, lebih tepat tidak menampilkannya. Caranya di archive tema dihapus saja baris atau fungsi yang menampilkannya, fungsi untuk menampilkan judul kategori yaitu the_archive_title(); Tapi kalau temanya ruwet, pembuatnya bisa saja menaruh fungsi ini pada file lain, selain itu sebaiknya mengerti bahasa php.

      Cara lainnya kalau tidak ingin berurusan dengan script theme dan php, tambahkan style display:none untuk judul tersebut. Tapi juga paling tidak mengerti tentang css.

      Semoga membantu.

  3. siang kak
    saya sudah mencoba code ini
    namun tidak berhasil

    apakah kakak bisa membantu saya untuk menerapkan kode tersebut

    tentunya saya akan memberikan harga yang sesuai kakak berikan

    1. Tidak, di dalam tutorial ini hanya mengganti atau hilangkan tulisannya ketika tampil di laman arsip, bukan mengubah url atau link category dan tag.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *