Cara Hilangkan Tulisan “Kategori” / “Tag” di Laman Arsip WordPress

cover cara-hilangkan-tulisan-kategori-&-tag-di-laman-arsipSecara default laman arsip WordPress seperti kategori dan tag akan menampilkan judul dengan nama Kategori: {nama kategori} ketika diakses pengunjung. Laman arsip merupakan halaman yang dilihat pengunjung ketika melihat daftar (lists) dari suatu kategori atau tag postingan.

Jadi, misalnya kategori Anda memiliki nama Film Action, maka judul dari daftar kategori itu tertulis Kategori: Film Action atau Category: Film Action.

Khususnya web blog atau berita yang sering menggunakan banyak kategori dan tag ini, selain itu sering ditempatkan di menu utama website.

Mungkin sebagian orang atau pemilik web ingin menghilangkan tulisan Kategori atau Tag sebelum nama kategori sebenarnya tersebut. Atau barangkali ingin menggantinya dengan nama sendiri. Misalnya tag ingin diganti menjadi tulisan label, maka misalnya Tag Buku Komik akan menjadi Label Buku Komik.

Untuk menghilangkan atau mengganti tulisan default tersebut, Anda cukup menambahkan filter pada tema Anda.

Buka file functions tema yang berada di public_html → wp-content → themes {nama tema yang sedang aktif} → functions.php. Kemudian tambahkan script filter berikut ini:


add_filter( 'get_the_archive_title', function ( $title ) {

if( is_category() ) {

$title = single_cat_title( “”, false );

}

if( is_tag() ) {

$title = single_tag_title( “”, false );

}

return $title;

});

ganti-tulisan-kategori-wordpress

Jika ingin mengganti tulisan cukup masukkan kata penggantinya diantara tanda petik dua. Misalnya Tag ingin diganti Label maka ditambah seperti ini: single_tag_title(“Label ”, false);. Sedangkan kategori diantara titik dua fungsi single_cat_title( “”, false);

Tetapi mungkin beberapa tema sudah menghilangkan tulisan Kategori dan Tag ini, sehingga Anda tidak perlu lagi menambahkan filter pada tema.

2 pemikiran untuk “Cara Hilangkan Tulisan “Kategori” / “Tag” di Laman Arsip WordPress”

    1. Tidak, di dalam tutorial ini hanya mengganti atau hilangkan tulisannya ketika tampil di laman arsip, bukan mengubah url atau link category dan tag.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *