Hubungkan Akismet dengan Contact Form 7, Saring Spam

spam email

Seperti diketahui sebelumnya, Akismet telah menangkap ratusan miliaran lebih spam, terutama pada komentar. Spammer menargetkan segalanya, tidak terkecuali form kontak Anda.

Contact Form 7 sebagai salah satu pembuat formulir kontak yang populer dan gratis, plugin ini juga menyediakan filter spam melalui Akismet. Untuk diketahui Akismet ini akan menyaring terlebih dahulu data input dari pengunjung sebelum data dikirim kepada Anda.

Untuk menghubungkan kedua plugin ini, Anda perlu mengaktifkan Akismet yang secara sudah tersedia ketika Anda melakukan instalasi WordPress pertama kali. Tetapi apabila belum ada dapat download plugin Akismet dan Contact Form 7.

Kemudian aktifkan Akismet yang cara lengkapnya dapat Anda temukan di Cara aktifkan Akismet anti-spam WordPress, termasuk mendapatkan API key Akismet. Dan cara menggunakan Contact Form 7, Anda mesti baca terlebih dahulu Cara membuat form kontak.

Selanjutnya tambahkan opsi terkait Akismet berikut ke dalam bidang yang sesuai dengan formulir Anda.

akismet:author

Tambahkan opsi ke bidang nama pengirim.

Contoh: text* your-name akismet:author

akismet:author_email

Tambahkan opsi ini ke bidang alamat email pengirim

Contoh: email* your-email akismet:author_email

akismet:author_url

Tambahkan opsi ini ke bidang yang menerima URL pengirim, apabila digunakan

Contoh: text your-url akismet:author_url

Catatan: semua contoh sebelum dan sesudahnya ditambah tanda [ dan ]

Ketika setidaknya salah satu opsi tersebut diterapkan meski disarankan menerapkan semua opsi untuk mendapat penilaian yang kuat, Contact Form 7 akan mengirim kepada Akismet semua masukan pengirim dan informasi yang berkaitan dengan aktifitas pengiriman.

Akismet kemudian akan menilai apakah pengiriman ini kemungkinan mengandung unsur spam.

Jika Akismet menilai inputan ini sebagai spam, Contact Form 7 membatalkan pengiriman surat dan menampilkan pesan gagalnya pengiriman, biasanya berwarna oranye, yang berarti dianggap spam.

Selain warna oranye ini, pesan balik yang diberikan Contact Form 7 yaitu hijau untuk berhasil terkirim, kuning ada kesalahan pengisian input data, merah berarti gagal, dan oranye dianggap spam.

CF7 dan Akismet 2 CF7 dan Akismet 3

Untuk memastikan kalau ini berhasil, Anda dapat mengujinya dengan mengirimkan “viagra-test-123” sebagai nama pengirim. Pengujian ini akan selalu dinilai sebagai spam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *