Cara Install WordPress di Komputer Lokal (Localhost)

Menginstal WordPress di komputer lokal merupakan opsional. Karena Anda juga dapat menginstall langsung dari hosting dalam hanya hitungan menit saja, seperti menggunakan fantastisco.

Seperti yang tidak dibayangkan, meski website sudah cukup siap digunakan setelah diinstal, tapi masih terlihat tidak menarik karena selanjutnya harus melakukan instalasi tema yang sesuai dan plugin-plugin yang menunjang aktifitas website. Apalagi bagi developer website yang ingin membuat tema sendiri atau ingin meredesign ulang tema.

Pilihan mereka adalah menginstal di komputer lokal atau biasa disebut localhost atau hosting lokal atau server lokal. Artinya menggunakan server yang telah diinstal di komputer sendiri, diantaranya menggunakan yaitu XAMPP.

Download WordPress

Langsung saja meluncur ke website wordpress.org, tepatnya di https://wordpress.org/download/

Anda akan menemukan tampilan seperti dibawah

link url wordpress

Klik tombol Download WordPress 4.9 (Bisa saja versi yang berbeda):

Membuat Database Penyimpanan

Saya asumsikan anda telah menginstal web server, disini saya menggunakan XAMPP yang dapat diunduh di https://www.apachefriends.org/download.html

Langkah (1): Buka browser anda dan ketik http://localhost/phpmyadmin

Langkah (2): Klik new untuk membuat database baru (disebelah kiri atas dibawah logo)

Langkah (3): Ketik nama database belajar_wordpress (bisa terserah anda), kemudian klik buat

tambah baru db di phpmyadmin

tambah baru db di localhost 2

Instalasi WordPress

Cara menginstal wordpress sangat mudah. Ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah (1): Ekstrak berkas terkompres yang telah didownload tadi di folder htdocs yang letaknya berada di Local Disk (C:) – xampp – htdocs (apabila menggunakan XAMPP). Ganti nama folder wordpress menjadi belajar-wordpress (bisa terserah anda). Nama folder ini selanjutkan akan kita gunakan sebagai nama domain di localhost

Langkah (2): Buka kembali browser dan ketik nama folder yang telah dibuat pada langkah 1, tadi namun didahului dengan localhost, seperti ini localhost/<nama_folder_anda> . Sesuai folder yang telah saya beri nama belajar-wordpress, saya akan ketik http://localhost/belajar-wordpress, maka anda akan mendapatkan tampilan instalasi wordpress.

instal wp: pilih bahasa

Pilih bahasa untuk WordPress dan klik Continue atau Lanjutkan.

Langkah (3): Pada langkah ini, anda menemukan tampilan informasi yang dibutuhkan untuk database sebelum memulai proses instalasi. Klik saja ‘Ayo!’.

Langkah (4): Isikan informasi tentang database MySQL yang telah anda buat sebelumnya melalui localhost/phpmyadmin tadi. Untuk localhost anda dapat mengatur seperti ini

  • Nama Basis Data: Isi sesuai nama database yang telah dibuat tadi
  • Nama Pengguna: Ketik nama pengguna database anda, untuk localhost ketik saja ‘root’
  • Sandi: Isi password database anda, untuk localhost dapat dikosongkan saja
  • Host Basis data: Isi dengan ‘localhost’
  • Prefiks Tabel: Digunakan sebagai awalan penamaan tabel database, semua nama database akan sesuai dengan awalan yang diberikan. Sebagai default yaitu wp_ yang bisa anda ganti sesuai keinginan anda

Setelah menginsi informasi selanjutnya klik tombol ‘Kirim’

Langkah (5): WordPress memeriksa pengaturan database yang telah diinput dan memberikan informasi seperti screenshot berikut

Klik Jalankan instalasi

Langkah (6): Isi informasi administrasi website

cara install wp di localhost (8)

Ini berisi bidang berikut:

  • Judul Situs: Isi dengan nama website anda yang akan tampil pada halaman pengunjung dan mesin pencari
  • Nama Pengguna: akan digunakan untuk login kedalam halaman admin nantinya
  • Sandi: Juga digunakan untuk login kehalaman admin. Klik Tampilkan untuk menampilkan sandi yang diisi.
  • Tegaskan (ulangi) Kata Sandi: Dengan mencentang ini anda akan tetap dapat menginstal meskipun sandi yang anda gunakan sangat sederhana.
  • Email Anda: untuk login atau dapat membantu mengembalikan sandi yang terlupa
  • Penampakan pada Mesin Pencari: Mencegah mesin pencari (search engine) untuk mengindeks website dengan mencentang kotak centang.

Setelah menginput semua informasi, klik Instal WordPress.

Langkah (7): Setelah instalasi selesai, anda akan mendapat informasi sukses, kemudian anda juga dapat langsung login dengan klik Log Masuk.

cara install wp di localhost (9)

Mudah sekali proses instalasi WordPress ini. Kalau sudah beberapa kali menginstal WP, Anda hanya perlu beberapa menit saja untuk melakukan proses instalasi WP.

Mudahan tutorial ini dapat membantu Anda membuat website menggunakan WordPress di localhost. Untuk cara unggah (upload) website WordPress yang telah selesai dikerjakan di localhost ke hosting agar dapat online dapat buka di Cara Upload WordPress dari Localhost ke Hosting Melalui CPanel.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.