Cara Integrasi WordPress Kirim Email dengan Gmail (Lengkap)

Anda perlu menerima email yang berasal dari kiriman pesan kontak form, pemberitahuan adanya komentar pengunjung, dan banyak informasi penting lainnya yang secara otomatis dikirim ke email Anda. Sehingga Anda dapat segera menanggapi informasi yang diberikan tersebut.

Untuk menerima pesan informasi ini ke email Anda, Anda perlu melakukan pengaturan khusus terkait hal ini. Anda dapat menggunakan email dari hosting Anda langsung seperti nama@namadomainanda.com (SMTP hosting Anda), atau  beberapa layanan SMTP dari luar seperti Gmail, MailGun, atau MailChimp.

Integrasi Kirim Email WordPress dengan Domain Sendiri (SMTP Hosting)

Kenapa harus menggunakan layanan SMTP dari luar? Penyebabnya karena SMTP hosting sendiri terkadang pengiriman emailnya mengalami bounce atau gagal dalam pengiriman email, atau lambat dalam pengirimannya.

Tentunya Anda tidak ingin terlambat atau bahkan kehilangan informasi berharga apalagi terkait keamanan web WordPress Anda.

Kali ini Om akan membagikan tutorial integrasi email menggunakan SMTP Gmail, dan Anda dapat pula menikmati layanan gratisnya ini.

Install Plugin WP Mail SMTP

Pertama, install plugin WP Mail SMTP, masuk ke Pengaturan – WP Mail SMTP, pada bagian pilihan Mailer klik logo Google untuk memilih menggunakan SMTP Gmail.

Selanjutnya akan tampil pengaturan Gmail di bawahnya dimana muncul isian untuk Client ID dan Client Secret untuk integrasi dengan Gmail.

Untuk mendapatkan informasi isian ini, Anda perlu membuat aplikasi web melalui Google akun. Tenang saja, ini tidak perlu kode apa pun, dan Om akan menunjukkan kepada Anda langkah apa saja yang harus dilakukan.

Membuat Aplikasi Web Google

Pertama masuk ke Akun Gmail dan Login ke akun Gmail dan akses registrasi aplikasi Gmail .

Mengklik tautan tersebut akan membuka halaman Google di tab baru. Setelah login melalui akun Google, Anda akan melihat form “Daftarkan aplikasi Anda untuk Gmail API di konsol Google”.

Mudahnya ikuti gambar di bawah ini:

Selama proses, Anda akan melihat di layar mengatakan “API diaktifkan”. Akan tampil halaman baru, klik tombol Buka Kredensial.

Pada halaman selanjutnya Anda diminta memilih opsi berikut.

  • API mana yang Anda gunakan? Gmail API
  • Dari mana Anda akan memanggil API? Web server (e.g. node.js, Tomcat)
  • Data apa yang akan Anda akses? Data pengguna

Pada langkah selanjutnya Anda akan membuat ID client OAuth 2.0 atau Open Autorization, adalah yang akan memberikan izin bagi web Anda untuk menggunakan akun Gmail untuk mengautentikasi email.

Untuk isian Nama, dapat Anda isi apa pun karena ini hanya sebagai referensi dalam akun Google Anda.

Untuk Asal Javascript yang sah, Anda harus memasukkan URL situs Anda.

Terakhir, kita perlu mengisi bidang URI pengalihan yang sah. Untuk mendapatkan URI web Anda, Anda harus kembali ke tab admin WordPress Anda di Pengaturan – WP Mail SMTP lagi. Cari di bagian Authorized redirect URI dan klik tanda copy untuk menyalin tautan.

Setelah menyalin URI, kembali ke halaman Google API dan lekatkan (paste) di isian di bawah URI pengalihan yang sah.

Lalu klik tombol Buat ID klient OAuth.

Untuk langkah terakhir, Anda harus menyiapkan layar persetujuan. Layar ini tidak akan pernah terlihat oleh pengguna Anda karena Anda hanya memberikan izin untuk web Anda sendiri untuk menggunakan akun Gmail yang Anda miliki.

Pada isian Nama produk yang ditampilkan kepada pengguna dapat Anda isi apa saja sebagai nama aplikasi ketika nanti meminta persetujuan.

Anda telah sukses membuat aplikasi web Gmail.

Klik Saya akan melakukannya nanti

Sekarang kita perlu melihat detail lengkap.

Berikan Izin dan Test Email

Pada halaman kredensial, Anda sekarang melihat detail aplikasi web yang baru saja Anda buat. Untuk melihat Client ID dan Client Secret klik ikon edit.

Ini akan menampilkan detail aplikasi. Dari halaman ini copy (salin) isi Client ID (ID Klient) dan Client Secret (Rahasia Klient).

Masing-masing harus disalin ke pengaturan WP Mail SMTP di admin WordPress.

Setelah itu scroll ke bawah dan klik Save Settings.

Sebelum Google mengizinkan informasi ini digunakan terhubung ke situs Anda, Anda harus memberikan izin dengan cara pada Autorize (masih di pengaturan WP Mail SMTP) klik tombol Allow plugin to send emails using your Google account.

Tindakan ini akan membuka layar login untuk Google. Lanjutkan login ke akun tempat Anda mengatur SMTP ini (Gmail dan nama email Gmail yang akan digunakan untuk mengirim email nantinya, tidak harus sama dengan mendaftarkan aplikasi sebelumnya). Kemudian, Anda akan melihat layar permintaan izin bagi situs ini untuk mengirimkan email atas nama Anda.

*Jika tampil halaman “Aplikasi ini tidak diverifikasi” klik saja Lanjutkan, dan klik Buka nama-web-Anda.com (tidak aman)

Akan muncul pop up klik Izinkan, dan klik lagi tombol Izinkan pada konfirmasi untuk melanjutkan.

Jika sukses, Anda akan kembali ke halaman pengaturan WP Mail SMTP dan menerima pesan sukses. Untuk melengkapi koneksi ini, Anda sudah siap mengerim test email di tab Email Test.

Masukkan nama alamat email yang Anda ingin kirimkan email sebagai uji coba, dan klik tombol Send Email.

Ketika email terkirim akan menampilkan pesan sukses seperti berikut. Biasanya pengiriman sangat cepat hanya membutuhkan beberapa detik saja kalau menggunakan SMTP Gmail ini.

Nantinya email yang dikirim akan menggunakan nama email Gmail yang Anda izinkan tersebut misalnya gmailanda@gmail.com.

Hm, rasanya terdengar kurang profesional menggunakan nama email Gmail. Tapi jangan khawatir, jika Anda tetap ingin menggunakan nama domain Anda dalam pengiriman email ikuti terus Om WP atau subscribe untuk mendapatkan tutorial selanjutnya.

Bagaimana jika ingin beralih ke email berbeda?

Kalau Anda ingin mengubah ke alamat email Gmail/G Suite berbeda, Anda harus mengulangi semua langkah tutorial di atas. Termasuk menghasilkan ID Klient dan Rahasia Klient baru di akun email yang lain tersebut.

*Jika kiriman email dalam sehari sudah sangat banyak, misal ratusan email perhari, Om sarankan menggunakan SMTP dari luar dengan versi berbayar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *