Cara Kembalikan Plugin / Tema ke Versi Sebelumnya (Rollback Version Control) WordPress

Sebagai pengguna WordPress pastinya menggunakan berbagai plugin guna memenuhi kebutuhan. Namun terkadang terjadi permasalahan atau error ketika install plugin baru atau setelah update versi plugin terbaru.

Penyebabnya bisa bermacam-macam diantaranya yaitu tidak compatible dengan versi WordPress yang sedang kita gunakan.

Solusinya Anda dapat menonaktifkan plugin tersebut, tetapi jika masing ingin mempertahankan karena alasan tertentu seperti masih membutuhkannya, Anda dapat melakukan rollback atau mengembalikan ke versi sebelumnya dari plugin tersebut.

Tapi, apabila aktifitas tersebut menyebabkan error secara keseluruhan sehingga website tidak dapat diakses, Anda dapat membaca artikel di bawah ini terlebih dahulu sebelum melakukan rollback.

Cara Menonaktifkan Plugin WordPress Melalui CPanel

Cara Rollback Plugin Ke Versi Sebelumnya

Install plugin baru WP Rollback lalu aktifkan.

Kembalikan Plugin ke versi sebelumnya (3)

Sebenarnya pada saat ini di WordPress versi 5.1, plugin ini masih belum teruji compatible, tapi dalam percobaan Om tidak terjadi masalah dalam penggunaannya.

Jika telah diinstal, maka akan tambah sebuah link Rollback di pojok setiap plugin.

Kembalikan Plugin ke versi sebelumnya (1)

Klik Rollback pada plugin yang ingin dikembalikan ke versi sebelumnya, yang akan menampilkan versi-versi dari plugin tersebut.

Kembalikan Plugin ke versi sebelumnya (2)

Versi yang telah Anda install saat ini bertuliskan installed version, kemudian Anda dapat pilih salah satu versi sebelumnya seperti gambar di atas untuk mengembalikannya. Klik tombol Rollback di bawahnya dan akan menampilkan pop up konfirmasi untuk dapat melakukan pengecekan terlebih dahulu. Klik tombol Rollback pada pop up tersebut jika Anda telah yakin.

WordPress akan melakukan proses Update Plugin, tunggu hingga selesai dan aktifkan kembali plugin.

Tentunya setelah Anda melakukan rollback versi, pada plugin tersebut akan kembali menampilkan notifikasi permintaan update, abaikan saja terlebih dulu sampai ada update versi lebih baru lagi, sampai tidak terjadi masalah error lagi.

Selain untuk plugin, rollback ini dapat juga digunakan untuk mengembalikan versi tema (theme) sebelumnya.

Caranya masuk ke Tampilan – Tema. Arahkan ke salah satu tema dan klik tombol Rincian Tema yang akan menampilkan pop up, klik tombol Rollback.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *