Cara Kembalikan Tampilan Editor Post Lama WordPress di Versi 5+

Bagi pengguna web yang cukup lama menggunakan WordPress mungkin tahu tampilan editor postingan WordPress sejak versi 5 menggunakan editor Gutenberg.

Perubahan besar pada versi baru WP ini membuat khawatir banyak pengguna lama WordPress untuk segera upgrade webnya ke versi 5. Padahal upgrade engine WP cukup penting terhadap beberapa faktor seperti keamanan dan perbaikan bug lainnya.

Kalau penyebabnya hanya disebabkan belum familiar terhadap tampilan baru ini, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya WordPress masih menyediakan tampilan editor classic berupa plugin yang dapat Anda install dan gunakan seperti Anda tidak menggunakan editor Gutenberg sama sekali.

Bahkan sejak Anda upgrade ke versi 5, Anda sudah diberikan pilihan untuk menggunakan editor classic ini.

Upgrade seperti biasa WordPress Anda, dan tunggu beberapa saat. Bagi Anda yang telah upgrade dapat langsung lompat ke install plugin baru, dan gunakan kata kunci pencarian Classic Editor.

Setelah Anda upgrade WordPress Anda, akan tampil halaman informasi pembaruan WordPress versi 5, scroll ke paling bawah halaman info dan klik tombol Pasang Editor Lama, klik Pasang Sekarang, dan klik Aktifkan.

Sip, secara umum Anda sudah otomatis menggunakan tampilan editor classic (lama), sederhana dan mudah.

Namun, kalau Anda ingin kembali mengganti ke tampilan editor Gutenberg/Block Editor atau pengaturan tentang editor ini masuk ke Pengaturan – Menulis.

Keterangan:

  • Default editor for All users, secara umum pengguna akan menampilkan tampilan yang telah diceklist, Classic Editor (tampilan lama) atau Block Editor (Editor Gutenberg).
  • Allow users to switch editors, klik Yes apabila mengizinkan pengguna dapat gonta-ganti ke tampilan editor yang berbeda. Klik No jika hanya menggunakan satu tampilan editorial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *