Cara Lindungi Komentar Spam dengan Akismet di WordPress

Ketika pertama kali install WordPress, Anda akan mendapatkan dua plugin bawaan yang salah satunya Akismet Anti-Spam. Dari namanya bisa ditebak Akismet ini bertujuan untuk mengantisipasi spam.

Ketika kita memiliki situs, maka tidak akan bisa terhindar dari yang namanya spam. Selain mengganggu dengan adanya spam kita akan kesulitan menghadapi mana yang benar-benar komentar dan mana komentar palsu. Apalagi kalau websitenya sudah memiliki banyak pengunjung, antisipasi lebih diutamakan.

Apa itu Akismet?

Banyak cara untuk menangkal adanya spam ini khususnya pada aktifitas komentar, dan diantarannya yang terbaik yaitu Akismet yang memang merupakan layanan penyaring spam komentar dari perusahaan yang didirikan oleh pembuat WordPress sendiri, yaitu Matt Mullenweg.

Akismet diambil dari nama Automattic dan Kismet, dimana Automattic adalah nama perusahaan pengembang Akismet tersebut. Akismet menangkap komentar blog dan pingback spam melalui algoritma mereka.

Kelebihan algoritma ini adalah dapat belajar dari kesalahan dan tindakan yang diambil dari situs web yang berpartisipasi. Ketika sejumlah web itu melaporkan konten yang tampak sebagai spam, Akismet akan belajar mengidentifikasi jenis konten semacam itu sebagai spam di masa yang akan datang. Pada 4 April 2018 ini, melalui situs resminya, Akismet telah menangkap lebih dari 424 miliar lebih komentar spam, fantastis.

Kenapa Menggunakan Akismet?

Di situs web yang sudah populer, jumlah komentar spam dapat mencapai 85%, ini berarti dari setiap 100 komentar, hanya 15 yang betul-betul komentar.

Sementara itu, moderasi komentar cukup memakan waktu, menggunakan Akismet dapat menghemat waktu. Sebab Akismet akan menangkap komentar spam terlebih dahulu sebelum masuk dalam antrian moderasi Anda. Sehingga Anda dapat lebih memfokuskan energi dan waktu untuk moderasi komentar yang sebenarnya.

Cara Hapus Link Aktif Otomatis di Komentar WordPress

Cara Menggunakan dan Mengaktifkan Akismet

Aktifkan plugin Akismet. Apabila plugin tidak ada, silahkan klik Tambah Baru dan ketik Akismet pada form pencarian.

Setelah terinstal, aktifkan plugin Akismet, Anda akan mendapatkan notifikasi yang meminta Anda melakukan konfigurasi akun Akismet. Klik Set up your Akismet Account yang terdapat pada notifikasi, atau melalui menu Pengaturan – Akismet Anti-Spam.

klik set akismet

Anda akan diminta memasukkan API key. Apabila belum memiliki API key Akismet, klik Ambil kunci API Anda., Anda akan dibawa kehalaman situs Akismet lalu Klik Get an Akismet API key.

get akismet1

get api key2

Anda akan diminta mendaftar akun WordPress.com. Apabila Anda telah memiliki akun WordPress.com, Anda dapat login menggunakan akun tersebut.

Apabila belum, isi ketiga inputan tersebut, alamat email, nama pengguna, dan kata sandi, lalu klik Lanjutkan.

fom akismet 1

Akan tampil pilihan harga, apabila untuk personal website dan blog, pilih Add Personal Subscription. Selajutnya tampil pilihan harga dengan menggeser di tulisan harga, kalau ingin gratis geser ke kiri sampai harga menjadi $0/YEAR, klik Create Subscription.

price akismet

Klik Add Site untuk menambahkan website.

 

key akismet2

Masukkan Akismet API key yang telah didapat ke dalam isian key Akismet di halaman Pengaturan Akismet Anti-Spam WordPress Anda.

Apabila website berhasil dihubungkan dengan API key, akan tampil pengaturan di dalam Pengaturan – Akismet Anti-Spam WordPress Anda.

 

pengaturan akismet2

Cara Hapus Link Aktif Otomatis di Komentar WordPress

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *