Cara Melihat Trafik/Jumlah Pengunjung Website dengan Google Analytic di WordPress

Cara mengetahui informasi mengenai orang-orang yang telah mengunjungi website diantaranya yang paling populer yaitu Google Analytics (GA).

Jika Anda telah memiliki akun GA, ada dapat langsung ke Plugin Gratis Keren Penampil Trafik Google Analytics di Dasbor WordPress.

Meskipun gratis, GA menawarkan banyak fitur yang cukup memenuhi kebutuhan informasi tentang pengunjung web. Mulai dari jumlah pengunjung yang bisa dilihat berdasarkan beragam tipe waktu sesuai yang diinginkan, hari, bulan, tahun, bahkan dari tanggal sekian sampai tanggal tanggal sekian. Dari mana datangnya pengunjung, asal negara, tipe pengunjung, sampai halaman yang terbanyak dikunjungi juga ada.

Dan tidak kalah menarik fitur live time atau pengunjung yang sedang aktif saat ini juga ada. Dan masih banyak fitur bermanfaat lainnya.

Cara membuat Google Analytic seperti berikut:

Langkah (1) – Masuk ke website GA di https://analytics.google.com/. Kemudian login menggunakan akun Google Anda. Klik Mulai Mengukur.

Catatan: Jika Anda sudah memiliki GA sebelumnya di akun ini, tampilan gambar di atas tidak ada, jadi klik tombol Admin pada sidebar kiri paling bawah, pada bagian Akun klik Buat Akun.

Langkah (2) – Isi nama akun Anda, bebas saja, lalu scroll ke bawah dan klik Berikutnya.

Langkah (3) – Pilih Web jika akun GA ini diperuntukkan hanya melihat trafik website Anda. Scroll lagi ke bawah dan klik Berikutnya.

Langkah (4) – Isi inputan seperti gambar di bawah ini lalu klik Buat untuk menyelesaikan pendaftaran web.

  • Nama Situs, bebas saja.
  • URL Situs, pilih http atau https sesuai web Anda menggunakan SSL atau tidak, di kolom sebelah kanannya isi sesuai nama URL domain utama website Anda tanpa menggunakan http atau https.
  • Kategori Industri, pilih salah satu kategori web Anda.
  • Zona Waktu Pelaporan, pilih Indonesia, dan dipilihan sebelah kanan sesuaikan dengan zona waktu Anda,

Setelah terisi dengan benar Anda telah menyelesaikannya, dan setelah menghubungkan ke web WordPress, Anda sudah dapat melihat trafik pengunjung baik melalui browser maupun aplikasi (Android/IOS) yang dapat Anda install pada gadget Anda.

Untuk diketahui, Anda dapat mendaftarkan banyak website untuk satu akun Google Analytic atau satu akun email Google.

Cara Menghubungkan Google Analytic ke WordPress

Setelah mendaftarkankan web, Anda akan mendapatkan kode yang dapat disisipkan pada template WordPress, baik di header atau footer.

Om lebih menyukai menggunakan plugin dalam hal ini karena dengan plugin kita dapat melihat langsung trafik melalui dasbor atau halaman administrator WordPress. Selain itu ada pengaturan lain yang diperlukan. Anda dapat baca di Plugin Gratis Keren Penampil Trafik Google Analytics di Dasbor WordPress.

Atau secara manual menambahkan fungsi ke file functions.php yang berada di dalam tema wp-content – themes(folder theme yang aktif), lalu sisipkan kode berikut:

add_action('wp_head','google_analytics', 20);
 
function google_analytics() {
?>

copy kode Anda di sini

<?php
}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *