Membagi Satu Postingan Menjadi Beberapa Halaman – WordPress

cover.bagi-post-jadi-beberapa-halaman

Mungkin Anda pernah melihat satu berita atau artikel yang dibagi menjadi beberapa halaman. Dan memang yang paling sering melakukan ini adalah website berita.

Dengan WordPress, Anda juga dapat membagi (split) beberapa halaman seperti itu dalam satu postingan. Biasanya penulis melakukan ini lantaran artikelnya yang terlalu panjang dan supaya pembaca tidak bosan, lainnya untuk meningkatkan SEO karena setiap halaman tersebut dapat terindeks oleh mesin pencari.

Bisa juga dengan alasan untuk mempercepat load website karena tidak harus membuka semua gambar hanya dalam satu halaman. Ini cocok apabila memiliki gambar yang terlalu banyak dalam satu halaman. Lainnya lagi, karena semua alasan tersebut di atas, -_-, sah-sah saja saja.

Anda dapat menggunakan plugin dalam hal ini, tetapi Om akan menggunakan cara standar sebab caranya sangatlah mudah.

Pada bagian editor visual pilih di antara paragraf mana Anda ingin membagi postingan, tekan pada keyboard Shift + Alt + P guna menambahkan tag page break di dalam konten. Ulangi cara tersebut pada paragraf lain untuk membaginya lagi.

bagi-halaman-1

Anda juga dapat menggunakan cara manual menambahkan tag tersebut, caranya klik editor Teks (bukan Visual) kemudian pada tempat yang ingin Anda bagi ketik tag berikut:

<!—nextpage–>

bagi-halaman-2

Tag tersebut harus diketik, bukan menyalin tag lalu di paste, karena cara copy dan paste tag ini biasanya tidak akan berhasil membagi halaman.

Sebenarnya Shift + Alt + P merupakan cara singkat menampilkan tag untuk page break.

Setelah Anda menambahkan tag tersebut, seharusnya postingan Anda telah dibagi menjadi beberapa halaman tergantung berapa kali Anda memberikan page break. Akan tampil pagination pada postingan itu, 1, 2, 3 dan seterusnya dengan tampilan sesuai dari style tema WordPress Anda.

bagi-halaman-3

Sedangkan bentuk URL dari postingan tersebut akan menjadi seperti ini:

http://domainanda/judul-postingan

http://domainanda/judul-postingan/2

http://domainanda/judul-postingan/3

dan seterusnya.

Mudahan Anda dapat menggunakan fitur ini sebaik-sebaiknya, sehingga dapat membuat pembaca artikel Anda lebih kerasan.

Satu pemikiran untuk “Membagi Satu Postingan Menjadi Beberapa Halaman – WordPress”

  1. halo gan.. terimakasih tutorialnya sangat membantu… kalo boleh nanya, kalo ca mengganti kata “halaman” itu menjadi kata2 lain.. contohnya jadi episode.. caranya gmn ya gan? terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *