Membuat Artikel Menjadi Privat di WordPress

Anda hanya ingin membuat postingan yang bersifat privat, tidak dapat dilihat orang umum pada daftar blog Anda? Gunakan fitur postingan privat (pribadi).

Menggunakan fitur bawaan WordPress ini, tidak seperti postingan biasa, pos privat secara umum tidak terlihat pengunjung web Anda. Hanya pengguna yang login dan memiliki izin tertentu yang dapat melihatnya di antara postingan yang lain.

Artikel privat ini memiliki tanda khusus pada judul dengan menampilkan tulisan Private atau Privat sebelum judul.

WordPress memiliki sistem dimana memungkinkan pengguna memiliki peran (role) atau izin atau hak akses yang berbeda dalam mengelola website.

Setiap pengguna (user) yang memiliki izin untuk mempublikasikan postingan dapat membuat artikel pribadi.

Administrator, dapat membuat, edit, dan menghapus postingan private apa pun yang dibuat oleh pengguna mana pun di website WordPress.

Editor, kurang lebih seperti Administrator dalam mengelola postingan privat, dapat membuat, edit, dan hapus postingan pribadi yang dibuat oleh pengguna mana pun.

Author, dapat membuat, menerbitkan, edit, melihat dan menghapus postingan privat yang dibuatnya sendiri. Mereka tidak dapat melihat postingan privat yang dibuat oleh pengguna lain.

Cara Membuat Postingan atau Halaman Pribadi

Sebelumnya Anda perlu membuat postingan atau halaman baru. Atau dapat juga mengedit postingan yang sudah ada dan ingin dibuat sebagai postingan pribadi.

Pada halaman editor pos dan di sidebar kanan klik Sunting / Edit Kenampakan: Umum (Visibility: Public).

sticy-post

Kamu akan melihat opsi lekatkan pos (sticky post), Dilindungi sandi, dan Privat. Tapi pilih Privat untuk menjadikan postingan tersebut pribadi. Dan tentu saja selanjutnya klik Perbarui atau Terbitkan. Lihat untuk mengetahui Perbedaan Dilindungi Sandi dengan Privat.

private-post-1

Jika Anda mengunjungi website, maka Anda akan melihat postingan blog privat Anda ditandai seperti ini:

private-post-2

Pengguna yang tidak memiliki izin untuk melihat pos privat tidak akan dapat melihatnya.

Catatan: gambar yang Anda tambahkan ke postingan privat tidak bersifat privat, maksudnya dapat terlihat di pustaka media oleh penulis lain. Gambar juga dapat dilihat siapa saja yang memiliki URL gambar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *