Cara Membuat Gallery di WordPress Tanpa Plugin

Ingin melengkapi banyak gambar atau foto ke dalam postingan dengan bentuk galeri foto? Sejak versi 2.5, para pengembang WordPress telah menyediakan fitur ini secara default tanpa menambahkan plugin.

Fitur ini cukup efisien karena dapat menambahkan atau menghapus gambar sekaligus, sebuah galeri gambar.

Caranya sangat mudah, setelah login ke halaman admin WordPress, tambahkan pos baru atau edit pos yang sudah ada. Letakkan kursor pada tempat yang akan ditambahkan galeri foto, klik tombol Tambahkan Media.

Setelah popup media tampil, pada menu paling kiri, klik Buat Galeri. Pilih atau klik beberapa gambar yang akan dijadikan galeri sampai muncul tanda centang di gambar tersebut.

Jika ingin menambahkan gambar baru, klik tab Unggah Berkas dan klik Pilih Berkas untuk mengunggah gambar baru, bisa beberapa gambar sekaligus.

Kalau beberapa gambar sudah dipilih, klik tombol Buat Galeri Baru.

membuat-gallery-di-wordpress-1

Anda akan dialihkan ke bagian pengaturan galeri foto. Di sini Anda dapat mengubah posisi gambar dengan drag and drop, caranya klik kanan gambar dan tahan, lalu geser ke gambar lain yang ingin posisinya diubah.

membuat-gallery-di-wordpress-2

Anda juga dapat menulis keterangan gambar yang berada di bawah gambar tersebut. Selain itu Anda dapat menghapus gambar dengan mengklik tanda silang.

Pada bagian ini, Anda masih dapat menambah kembali gambar ke dalam galeri dengan mengklik Tambahkan ke Galeri pada menu sebelah kiri.

Beberapa pengaturan galeri:

  • Tautkan ke, pilih Berkas Media atau Tak Ada. Jika pilih Berkas Media, gambar di dalam galeri dapat diklik oleh pengunjung website untuk melihat gambar ukuran aslinya.
  • Kolom, pilih berapa kolom dalam satu baris ingin gambar ditampilkan.
  • Urutan Acak, centang ini apabila ingin gambar di dalam galeri tampil secara acak.
  • Ukuran, sesuaikan dengan jumlah kolom di atas.

Jika galeri sudah diatur, klik tombol Sisipkan galeri.

membuat-gallery-di-wordpress-3

Seharusnya galeri foto sudah tersusun, klik Terbitkan atau Perbarui untuk menyimpan pos.

Untuk mengedit galeri, klik di dalam galeri pada editor pos, dan klik tanda pencil untuk mengedit galeri.

Catatan: Untuk kerapian dan bentuk hasil akhirnya tetap tergantung tema yang digunakan. Tetapi biasanya, setiap tema sudah memberikan style CSS sendiri untuk galeri gambar ini.

Untuk meresize atau crop gambar Anda dapat baca di Resize dan Crop Gambar Langsung dari Admin WordPress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *