Cara Membuat Gravatar sebagai Avatar Global WordPress Anda

Gambar foto profil pada web Anda dan gambar kecil yang tampil ketika Anda berkomentar pada web WordPress lain, itulah yang dimaksud avatar pada WordPress.

Apa itu avatar? Avatar adalah representasi grafis dari pengguna. Bisa gambar dari orang tersebut, atau ikon acak yang ingin mereka kaitkan dengannya.

Meskipun sulit untuk mengingat nama, sangat mudah untuk mengidentifikasi gambar tertentu. Salah satu bagian paling keren seperti forum diskusi adalah Anda dapat mengenali pengguna aktif dengan mudah karena avatarnya.

Ketika web berevolusi dan blogging mulai ramai, cukup sulit untuk memiliki identitas sebagai komentator. Dalam suatu forum, seseorang harus mendaftar terlebih dahulu untuk memiliki avatarnya sendiri. Lalu bagaimana dengan blog atau web? Komentar blog tidak mengharuskan pendaftaran, jadi bagaimana kita mengidentifikasikan pengguna? Itulah penyebab hadirnya Gravatar.

Gravatar yang merupakan singkatan dari Globally Recognized Avatar diakui secara global lantaran jutaan orang dan website menggunakannya. Aplikasi terpopuler seperti WordPress memiliki dukungan Gravatar.

Untuk pembuatan avatar ini, semua website WordPress secara default menggunakan Gravatar dalam menampilkan ikon atau gambar foto profilnya.

gravatar-1-edit

Cara Membuat Gravatar

Untuk membuat Gravatar cukup mudah, Anda hanya perlu mendaftar ke https://en.gravatar.com/, atau melalui halaman profil pengguna Anda, pada Foto Profil klik tautan Gravatar.

gravatar-2

Apabila Anda telah memiliki akun dari WordPress.com, cukup klik Sign In (login) untuk membuat avatar Anda. Tetapi apabila Anda belum memiliki akun WordPress.com, Anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan klik tombol Create Your Own Gravatar.

gravatar-3

Isi Alamat email dengan email Anda karena email ini juga yang akan digunakan ketika melakukan komentar pada blog lain, dan email ini yang digunakan sebagai email pengguna WordPress Anda sendiri untuk menampilkan avatar.

gravatar-4

Setelah mengisi form dan mengklik Lanjutkan, Anda akan di bawa ke halaman informasi konfirmasi email.

Buka email Anda dan periksa kiriman email permintaan konfirmasi dari WordPress.com. Klik tautan konfirmasi akun (biasanya tombol Activate Account) dan Anda akan di bawa ke halaman sukses mengaktivasi. Klik Sign in to Gravatar.

gravatar-5

Anda akan kembali ke halaman seperti pertama kali ke website gravatar, dan klik Sign In.

gravatar-6

Klik tautan Add a new image yang berada di bawah, atau pada ikon avatar arahkan kursor dan pilih Tambah Gambar. Ada beberapa opsi untuk menambah gambar, kita coba dengan mengunggah gambar baru saja. Klik Upload new dan klik Pilih File untuk memilih gambar dari folder gadged (komputer) Anda.

gravatar-7gravatar-8

Anda diminta melakukan pemotongan gambar agar sama tinggi dan lebar gambar. Drag untuk memilih area gambar yang tidak dipotong (crop), lalu klik Crop Image.

avatar-9-1-0

Pilih rating untuk Gravatar Anda. Rating merupakan bagian usia yang pantas untuk melakukan aktivitas dalam website. Setelah memilih rating (secara default adalah rating G yang berarti untuk semua usia) klik Set Rating.

2 pemikiran untuk “Cara Membuat Gravatar sebagai Avatar Global WordPress Anda”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *