Cara Membuat Tabel di WordPress

cara membuat tabel di wordpressSecara default, halaman editor pos atau laman WordPress tidak menyediakan fitur untuk mengelola tabel. Sedangkan tabel merupakan salah satu alat penting untuk menyajikan data dalam format yang mudah dipahami.

Mungkin Anda memiliki kemampuan HTML dan CSS untuk menampilkan tabel melalui mode Teks, tetapi ini kurang efisien terhadap editing postingan.

Ada beberapa cara mudah untuk membuat tabel ini, pertama dapat menggunakan plugin TablePress atau menggunakan Microsoft Word.

Membuat Tabel di WordPress Menggunakan Bantuan Miscrosoft Word

Caranya cukup mudah:

  • Buat tabel menggunakan MS. Word dengan klik menu insert > pilih Table.
  • Tentukan jumlah kolom dan baris yang diperlukan.
  • Copy tabel tersebut kemudian paste pada kolom editor WordPress dengan mode visual.

tabel 1

Tetapi cara ini memiliki beberapa kelemahan seperti berikut

  • Hanya dapat mengisi tabel yang sudah disediakan atau tidak dapat melakukan penambahan dan pengeditan tabel lagi kecuali copy dan paste lagi dari MS. Word
  • Tidak bisa tampilan responsive, ketika website diakses menggunakan HP atau tablet.

Berikut ini contoh tampilan tabel responsive:

tabel 3

Kelebihan table responsive ketika diakses menggunakan handphone yaitu akan tampil scroll pada tabel itu. Dan Untuk melihat kolom yang tidak terlihat, Anda dapat drag ke kanan atau ke kiri pada tabel tersebut

 

 

Membuat Tabel di WordPress Menggunakan Plugin

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menginstal plugin TablePress. Setelah instal dan diaktifkan, plugin akan menambahkan menu TablePress di area admin WordPress.

tambah-tabel-3

Untuk menambahkan tabel klik Add New Table. Beri nama tabel dan deskripsi dari tabel yang akan digunakan pada postingan, selain itu tambahkan juga jumlah baris dan kolom, jangan khawatir salah karena nanti masih dapat diedit kembali.

Kalau sudah semua klik Add Table.

tabel 5

Selanjutkan kita akan mendapatkan tampilan pengeditan tabel. Melalui tampilan tabel ini Anda dapat menambahkan, hapus, duplikat, hingga menyembunyikan baris dan kolom. Selain itu juga terdapat cukup banyak pengaturan lainnya untuk memenuhi kebutuhan dan tampilan tabel nantinya.

Untuk membuat tabel responsive, Anda hanya perlu men-centang Horizontal Scrolling.

Cara Menambahkan Tabel ke Postingan

Untuk menambahkan tabel ke postingan cukup mudah. Setelah plugin terinstal, pada editor postingan akan tersedia tombol penambahan tabel dari TablePress.

image006

Klik tombol Insert a Table from TablePress , cari tabel yang telah Anda buat tadi lalu klik Insert Shortcode.  Pada kolom editor akan muncul tulisan shortcode dari TablePress.

tabel 6

Simpan postingan, dan tabel anda seharusnya sudah dapat dilihat pada postingan Anda.

Anda tidak perlu memahami kode HTML dan CSS untuk membuat tabel, selain itu plugin ini memiliki fitur cukup lengkap.

Plugin ini juga dapat import dan export tabel dari berkas csv, json, tabel HTML dan format json. Untuk instruksi lengkapnya penggunaan plugin dapat anda baca di website ofisial Dokumentasi TablePress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *