Cara Memperbaiki WordPress Terjebak di Mode Pemeliharaan

Ketika melakukan update sistem, seperti update plugin, tema, atau sistem yang lain, secara otomatis WordPress akan mengaktifkan mode perawatan (maintenance mode) seperti gambar di bawah ini.

atau

Dan kadang masalah terjadi dimana proses update tidak berjalan dengan baik sedangkan mode perawatan masih tetap berjalan. Sehingga website tidak dapat diakses sama sekali termasuk halaman administratornya. Hanya tampilan seperti di atas yang terlihat.

Cara Perbaiki dan Mengembalikan Dari Mode Pemeliharan

Ketika WordPress menempatkan dirinya dalam mode pemeliharaan, ia melakukannya dengan membuat file bernama “.maintenance” di folder root situs WordPress Anda. Ini adalah folder yang sama yang berisi:

  • folder wp-admin
  • folder wp-content
  • wp-config.php
  • dan lain-lain

Untuk memperbaiki WordPress yang macet dalam masalah mode pemeliharaan, Anda harus terhubung ke server Anda melalui FTP dan menghapus file itu. Setelah Anda terhubung ke situs Anda melalui FTP, cari file “.maintenance” di folder root Anda kemudian hapus:

Jika menggunakan CPanel, masuk ke Pengelola File dan klik public_html. Cari file “.maintenance” di folder public_html.

Hapus (Delete) file “.maintenance”.

Setelah Anda menghapus file itu, situs Anda akan berfungsi seperti biasa. Anda juga disarankan untuk menghapus cache di situs WordPress Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *