Cara Mengaktifkan Auto SSL Gratis dari CPanel

Kini, biasanya website yang menggunakan CPanel sebagai panel hostingnya sudah mendapatkan SSL gratis. Biasanya ya, tergantung penyedia layanannya :P. Selain itu, banyaknya fitur pada CPanel merupakan keuntungan tersendiri bagi pengguna layanan share hosting. Sedangkan bagi pengguna VPS, CPanel akan dianggap menjadi sesuatu yang cukup mahal.

Jika suatu website telah menggunakan Secure Socket Layer (SSL), akan terdapat huruf “S” setelah http pada domainnya. Jika yang biasanya hanya http://namadomain akan menjadi https://namadomain.

SSL merupakan teknologi standar yang mengenskripsi pengiriman data antara server dan browser pengunjung. Menggunakan SSL akan mencegah hacker yang akan mencegat lalu lintas data untuk mencuri informasi yang ditransfer antara browser dan server.

Kenapa harus tahu cara mengaktifkan menggunakan AutoSSL? Karena meskipun ketika mendaftar, mungkin Auto SSL sudah aktif, tetapi SSL memiliki kadaluarsa. Ketika sudah habis, pengguna terkadang mesti melakukan pengaktifkan kembali AutoSSL-nya.

Caranya mudah:

Setelah login ke CPanel, masuk ke SSL/TLS Status.

Pilih (checklist) alamat yang ingin diaktifkan AutoSSL, atau gampangnya checklist saja semua. Kemudian klik tombol RunAutoSSL.

Tunggu beberapa saat sampai ada keterangan yang menunjukkan berhasil. Tapi kalau terjadi error silakan hubungi teknis support layanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *