Cara Mengetahui Versi Website WordPress Anda

Terkadang Anda mungkin memerlukan informasi versi dari WordPress Anda untuk mengetahui apakah website Anda sudah diperbarui atau belum. Atau mempunyai alasan lain sehingga Anda membutuhkan informasi ini.

Pada tutorial kali ini, Om akan membagikan cara mengetahui letak-letak informasi dari versi WordPress Anda yang dapat Anda temukan. Sehingga, Anda juga dapat mengetahui di mana yang dapat dilihat publik atau tidak. Informasi versi ini sebaiknya bersifat rahasia, karena dapat dimanfaatkan oleh peretas, khususnya bagi Anda yang tidak menggunakan versi terbaru dari WordPress. Baca di sini.

Informasi Versi WordPress Tidak Terlihat Publik

Melalui Dasbor Admin

temukan-versi-wordpress-1

Pada bagian kanan bawah halaman dasbor administrator, Anda akan menemukan versi WordPress yang sedang Anda gunakan. Anda juga dapat menemukannya pada Dasbor → Pembaruan.

Tetapi jika Anda tidak menemukan infromasi versi WordPress ini di sini, Anda dapat menggunakan cara lain.

Melalui File Version.php

Cara mengetahui versi WordPress lainnya, dapat Anda temukan pada file version.php. Anda harus masuk ke CPanel Anda dan menggunakan file manager, atau melalui ftp client.

File version.php terdapat pada direktori utama WordPress (secara umum public_html) → wp-includes. Pada file version.php baris ke tujuh Anda akan melihat versi dari WordPress yang sedang Anda gunakan.

$wp_version = '4.9.5';

melihat-versi-wordpress-2

Informasi Versi WordPress yang juga Dapat Dilihat Publik

Sebelumnya merupakan informasi WordPress yang hanya Anda atau developer Anda yang mengetahui, yang dapat mengakses admin WordPress atau CPanel. Tetapi secara default publik masih dapat menemukan informasi versi WordPress Anda.

Info Meta Tag Generator Melalui Source Kode HTML Halaman

Informasi meta tag tampil pada meta tag HTML WordPress Anda. informasi ini dapat Anda temukan dengan mudah melalui source halaman. Caranya klik kanan pada halaman website Anda, klik Lihat Sumber Halaman (View Page Source). Anda akan dibawa ke tab baru yang berisi kode HTML website Anda.

Cari meta dengan nama ‘generator’ pada header website, atau gunakan CTRL + F atau COMMAND + F bagi pengguna Mac yang akan menampilkan kolom isian pencarian. Pada bar pencarian ketikkan ‘generator’.

temukan-versi-wordpress-3

Tetapi apabila Anda tidak menemukan meta generator pada source halaman, berarti admin dari website tersebut telah menyembunyikan info meta tag generator. Tujuannya mencegah peretas menemukan informasi versi yang sering digunakan sebagai informasi dasar peretasan WordPress Anda, khususnya bagi yang tidak menggunakan versi WordPress terbaru. Cara Menyembunyikan Versi WordPress.

Info Meta Generator Melalui Feed WordPress

Cara lainnya menemukan informasi versi WordPress yaitu melalui halaman Feed WordPress. Ketik di browser domainanda/feed, pada <channel>, cari <generator>.

temukan-versi-wordpress-4

Anda juga dapat menyembunyikan informasi ini dengan Cara Menghilangkan Versi WordPress.

Source Kode HTML dari Halaman Login Anda

Melalui halaman login, publik juga dapat menemukan versi WordPress Anda. Caranya sama seperti melihat source kode tag generator di atas, dengan klik kanan halaman, klik Lihat Sumber Halaman. Tekan pada keyboar komputer Anda CTRL + F dan ketikkan ‘ver=’. Anda akan melihat parameter versi yang ditambahkan ke stylesheet. Akan terlihat seperti ini:

lihat-versi-wordpress-5

Itulah beberapa cara menemukan informasi versi WordPress Anda. Apabila Anda menemukan cara yang lain, silahkan tulis pada bagian komentar di bawah bawah. Termasuk apabila Anda memiliki pertanyaan dan ingin memberikan masukan serta saran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *