Cara Mengganti Logo Admin (Dasbor) WordPress

cover-ganti-logo-admin-wp

Anda mungkin ingin menampilkan logo Anda sendiri pada halaman dasbor admin WordPress Anda daripada menampilkan logo bawaan WordPress. Atau Anda developer website menggunakan WordPress dan ingin melakukan branding terhadapat logo usaha atau perusahaan Anda.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan plugin atau  menambahkan beberapa kode pada file fungsi di tema website WordPress Anda.

Tapi Om akan memberikan tutorial mengganti logo administrator ini dengan menambahkan skrip pada file functions dari tema.

Pertama-tama, Anda harus menyimpan logo custom di hosting Anda. Agar tepat dengan ukuran menu admin WordPress, sebaiknya logo berdimensi 20 x 20px, tinggi dan lebarnya sama.. Sebagai contoh Saya beri nama logo-custom.png.

Jika gambar logo telah siap, Anda dapat menaruhnya atau mengunggah ke folder public-html/wp-content/themes/(tema-aktif-anda)/images. Dapat Anda upload menggunakan FTP atau melalui Pengelola File dari CPanel Anda.

Setelah menggunggah gambar logo tersebut, Anda hanya perlu menambahkan kode ini ke file fungsi Anda. Anda dapat menambahkan kode ini ke file functions.php yang berada pada public-html/wp-content/themes/(tema-aktif-anda)/functions.php melalui Pengelola File dari CPanel Anda. Edit file tersebut dengan klik kanan pada file dan klik Edit. Anda juga dapat melakukan pengeditan melalui halaman administrator WordPress Anda di Tampilan → Editor, klik Fungsi Tema (functions.php). Sebaiknya backup terlebih dahulu file functions.php yang ingin Anda edit tersebut.

Tambahkan kode berikut di tempat paling bawah file functions.php Anda:

function omwp_custom_logo() {
echo '
<style type="text/css">
#wpadminbar #wp-admin-bar-wp-logo > .ab-item .ab-icon:before {
background-image: url(' . get_bloginfo('stylesheet_directory') . '/images/ logo-custom.png) !important;
background-position: 0 0;
color:rgba(0, 0, 0, 0);
}
#wpadminbar #wp-admin-bar-wp-logo.hover > .ab-item .ab-icon {
background-position: 0 0;
}
</style>
';
}

//hook into the admin header
add_action('wp_before_admin_bar_render', 'omwp_custom_logo');

Kode ini juga menambahkan beberapa CSS untuk menampilkan logo pada samping kanan atas halaman administrator.

Mudahan tutorial ini dapat membantu Anda menampilkan logo pada halaman admin sekaligus pencitraan merek Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *