Cara Mengganti Theme WordPress dari Database/PhpMyAdmin

Terkadang ketika mengganti tema WordPress (WP) baru atau plugin terjadi ketidakcocokan atau error dengan engine WP. Sering terjadi kasus dimana aktifitas ini menyebabkan error sampai-sampai halaman administrator WP tidak dapat diakses.

Mungkin penyebabnya versi tema yang diupload sudah tidak kompatible lagi dengan versi WP tersebut, maupun sebaliknya. Halaman admin tidak dapat dibuka atau diakses setelah mengganti theme WordPress.

Menjadi lebih bermasalah ketika tidak mempunyai backup file dan database. Jalan keluarnya yaitu melalui update langsung ke database atau phpMyAdmin dan jangan lupa untuk membackup seluruh data Anda terlebih dahulu.

1) Masuk ke CPanel – lalu di section Database pilih PhpMyAdmin. Tab baru dari PhpMyAdmin akan terbuka, lalu pilih atau klik database dari WP yang ingin Anda ganti temanya.

2) Untuk mengganti tema pilihlah tabel wp-options yang akan membuka seluruh pengaturan WP Anda setelah Anda mengklik tab browse.

3) Centang Show All untuk menampilkan seluruh baris dari tabel wp-options. Mudahan pengaturan belum banyak betul karena akan memakan banyak waktu untuk membuka seluruh baris.

ganti theme dari database phpmyadmin 1

4) Pada Filter Rows cari atau ketikkan template dan stylesheet, gantian satu persatu.

5) Di dalam pengaturan option_value ganti dengan tema sebelumnya.

Apabila Anda tidak ingat nama tema sebelumnya, Anda bisa temukan pada folder public_html – wp-content – themes melalui CPanel, salin (copy) saja nama folder dari tema sebelumnya.

Sedangkan cara mengganti di option_value dapat Anda lakukan dengan klik Edit, atau cara lain yang Om lebih suka yaitu dengan klik dua kali pada option_value kemudian mengganti nilainya.

ganti theme dari database phpmyadmin 2

Setelah keduanya diganti atau update seharusnya halaman admin WP Anda sudah dapat diakses kembali. Selamat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *