Menghapus Fitur Link Aktif Otomatis di Komentar WordPress

Ketika pengunjung website menambahkan URL teks biasa di dalam kolom komentar, WordPress secara otomatis membuatnya menjadi link yang dapat diklik. Artinya tidak perlu susah-susah menambahkan tag html di dalam komentar, maka link secara otomatis telah aktif.

WordPress secara otomatis mengubah URL menjadi tautan (link) agar mudah mengunjungi tautan sambil moderasi komentar, tetapi tautan otomatis ini tidak disimpan ke dalam database Anda. Tautan dapat diklik hanya tampil di area moderasi komentar admin dan di komentar artikel.

Tetapi karena ada banyaknya spammer, kolom komentar sering dijadikan ajang menanam backlink. Backlink memang memiliki peran utama dalam search engine optimization (SEO) untuk website. Untuk meningkatkan backlink ini beberapa pengguna mencoba meningkatkan backlink mereka dengan menaruh URL situs ketika berkomentar.

link ring

Tetapi terhadap backlink ini, dan mungkin pemilik website WordPress yang websitenya dikomentari pengunjung mungkin khawatir dengan adanya tautan akan mengurangi nilai SEO dari websitenya, menurut Saya tidak perlu terlalu khawatir. Pasalnya secara default WordPress menambahkan tag nofollow ke semua tautan di dalam komentar.

Sebenarnya Anda dapat memoderasi setiap komentar yang masuk ke dalam situs Anda dengan mengaktifkannya di pengaturan komentar untuk mengatasi ini.

Tetapi barangkali komentar sudah terlalu banyak dan tidak sempat melakukan moderasi atau tidak ingin repot terhadap hal ini Anda dapat mematikan fitur ini.

Untuk mematikan fitur tautan otomatis ini tidaklah sulit, Anda hanya perlu menambahkan sebaris kode ini di dalam functions.php tema Anda. Letaknya di folder-utama(public_html)/wp-content/themes/theme-aktif-anda.

remove_filter( 'comment_text', 'make_clickable', 9 );

Kode ini sebenarnya bertujuan menonaktifkan filter yang membuat URL teks dapat klik.

Tapi untuk diingat, kode ini hanya berfungsi ketika pengunjung hanya menulis dalam bentuk teks URL biasa. Jika pengunjung tersebut memang berniat membuat tautan dengan menambahkan teks HTML yang benar, maka tautan tetap akan muncul sebagaimana mestinya.

2 pemikiran untuk “Menghapus Fitur Link Aktif Otomatis di Komentar WordPress”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *