Cara Menonaktifkan Notifikasi Update WordPress

Bertujuan untuk keamanan, kecepatan, maupun penambahan fitur baru, WordPress merupakan CMS yang paling sering melakukan update. Baik dari segi core inti atau engine WordPress, theme, dan plugin WordPress.

Menonaktifkan atau menghilangkan pemberitahuan update berarti menyembunyikan notifikasi update yang bertujuan agar pengguna tidak mengklik pembaruan WordPress atau plugin WordPress.

Kenapa harus disembunyikan? Jika WordPress diperbarui, maka theme (tema) harus diperbarui juga untuk menyesuaikan dengan engine WordPress terbaru. Tetapi tidak semua theme apalagi theme buatan sendiri tidak melakukan update, sehingga ada kemungkinan ada yang tidak cocok dengan WordPress terbaru, sehingga notifikasi harus disembunyikan.

Menonaktifkan pembaruan Core Inti WordPress

Untuk menghilangkan notifikasi pembaruan WordPress cukup tambahkan kode di bawah ke file functions.php dari tema yang sedang Anda gunakan. functions.php berada di public_html – wp-content – themes – (folder nama theme yang sedang aktif).

function hide_update_notice_to_wp() 
{
    if (!current_user_can('update_core')) {
        remove_action( 'admin_notices', 'update_nag', 3 );
    }
}
add_action( 'admin_head', 'hide_update_notice_to_wp', 1 );

Menghilangkan Semua Notifikasi Update

Jika sebelumnya hanya menyembunyikan notifikasi update core inti WordPress, kode di bawah akan menonaktifkan seluruh pemberitahuan update, dari core inti, theme, dan plugin WordPress.

Sama seperti di atas, simpan kode berikut pada file functions.php pada tema yang sedang aktif.

function remove_core_all_updates(){
    global $wp_version;return(object) array('last_checked'=> time(),'version_checked'=> $wp_version,);
}
add_filter('pre_site_transient_update_core','remove_core_all_updates');
add_filter('pre_site_transient_update_plugins','remove_core_all_updates');
add_filter('pre_site_transient_update_themes','remove_core_all_updates');

Yup, itu saja, tidak sulit, namun jika Anda masih tidak paham, Anda masih dapat menggunakan plugin guna menghilangkan notifikasi update WordPress seperti plugin Disable All WordPress Update. Semoga artikel ini bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *