Cara Menonaktifkan Ping Balik (Pingbacks) di WordPress

Ping balik (pingback) maksudnya memberi tahu website lain bahwa Anda telah menautkan artikel mereka di website atau blog Anda. Meskipun ada perbedaan teknis sedikit, trackback pada dasarnya sama dengan pingback.

Melalui pingback ini jika seorang blogger atau web lain mengaktifkan pingback, maka mereka akan dapat melihat pemberitahuan tersebut ketika kita menautkan artikel mereka.

Untuk website menggunakan WordPress, ketika memasukkan link dari satu postingan ke postingan lain dalam satu website akan terdapat laporan pingback yang Anda terima, notifikasinya berada di komentar. Hal ini bisa menjadi mengganggu, dan selain itu akan mendapat notifkasi email.

Cara pengaturannya cukup mudah, Anda dapat memilih untuk mengizinkan atau melarang pingback melalui Pengaturan >> Diskusi di halaman administrator WordPress.

Pada Pengaturan tulisan standar hapus centang Mencoba untuk memberitahukan setiap blog terkait dari artikel dan Izinkan notifkasi tautan dari blog lain (ping balik dan lacakbalik) pada artikel-artikel baru.

disable pingbacks

Apabila hanya ingin menonaktifkan yang ping antar artikel dalam satu website tetapi tetap ingin menerima ping balik dari blog lain, cukup hapus centang yang paling atas. Begitu pula sebaliknya.

Tidak mencentang kotak itu hanya akan menonaktifkan pingback pada postingan berikutnya (bukan postingan yang sudah ada).

Cara menonaktifkan Pingback yang sudah terdapat di dalam postingan

Untuk melakukannya coba trik berikut:

Klik Pos >> Semua Pos di halaman admin Anda, lalu buka Opsi Layar, ganti tampilan Jumlah item per laman menjadi 999, sesuaikan jumlah artikel Anda. Apabila postingan Anda lebih dari 999, Anda harus membuka halaman berikutnya setelah halaman pertama di setting juga seperti berikut.

disable-ping-2

Klik centang semua untuk melakukan pengeditan secara massal.

disable ping 4

Pada Tindakan Massal pilih Edit, kemudian Terapkan.

edit-massal-1

WordPress akan menampilkan kotak pengeditan secara massal. Cari opsi Ping dan kemudian ubah menjadi “Jangan Izinkan”. Kemudian klik Perbarui. WordPress sekarang akan memperbarui dan mematikan ping di semua postingan yang dipilih.

disable ping 5

2 pemikiran untuk “Cara Menonaktifkan Ping Balik (Pingbacks) di WordPress”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *