Mudah Resize & Crop Gambar Langsung dari Admin WordPress

Mengecilkan (resize) ukuran dan memotong (crop) gambar atau foto menjadi bagian tidak terpisahkan dalam aktifitas media saat ini. Termasuk gambar-gambar yang akan ditampilkan pada website dan blog sehingga dapat mengoptimalkan tampilan dan loading website.

Kenapa gambar di dalam website sebaiknya tidak berukuran besar? Gambar yang didapat melalui kamera termasuk handphone biasanya diatur dengan pixel yang besar, tujuannya mendapatkan kualitas jepret yang baik. Dengan ukuran pixel yang besar akan menghasilkan ukuran yang besar juga, sampai ukuran mega byte (MB) seperti 2MB, 5MB, bahkan lebih.

Bagi bidang multimedia seperti design grafis yang ditujukan untuk desain pembuatan banner sampai baliho, ukuran gambar yang besar sangat berguna untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tetapi berbeda ketika sebuah gambar ingin ditampilkan ke dalam website. Gambar yang berukuran besar akan memperlambat loading ketika halaman tersebut diakses oleh pengunjung website.

Pada dasarnya pengguna yang membuka sebuah halaman website sebenarnya mengunduh (download) seluruh isi tampilan satu halaman website, baik itu gambar, skrip HTML, CSS, javascript, dan lain-lain. Ukuran yang paling besar biasanya file-file media, diantaranya adalah gambar.

Selain kegiatan mengecilkan, seringkali pengguna ingin mengambil suatu bagian dari sebuah gambar dan mengabaikan bagian lainnya. Sehingga pengguna perlu memotong atau crop bagian yang tidak diinginkan.

WordPress memahami hal ini dan telah menyediakan fitur mengecilkan dan memotong gambar langsung melalui halaman administrator web WordPress Anda. Sehingga bagi pengguna yang tidak memiliki waktu atau tidak ingin direpotkan oleh kegiatan ini, apalagi menggunakan software desain grafis, mereka dapat menggunakan fitur bawaan WordPress ini.

Cara menggunakan fitur ini, masuk pada Media → Pustaka di halaman administrator Anda setelah login. Anda akan melihat daftar gambar dengan thumbnail yang sudah pernah diunggah sebelumnya. Ganti tampilan default grid menjadi tampilan list terlebih dahulu yang menampilkan informasi gambar.

Kemudian arahkan kursor pada gambar yang ingin diedit, maka akan muncul beberapa tautan, pilih Sunting.

resize-gambar-1

Anda akan dibawa ke halaman penyuntingan informasi gambar, tetapi bukan di sini pengeditan gambar. Untuk mengecilkan dan crop gambar Anda harus mengklik tombol Sunting Gambar yang berada di bawah gambar di atas isian Keterangan.

resize-gambar-2

Mengecilkan Ukuran Gambar

Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman editing gambar. Bagian Ubah Ukuran Gambar merupakan fitur untuk mengubah ukuran gambar Anda. Pada kolom isian Dimensi baru, ganti ukuran sesuai yang Anda inginkan. Ada dua isian, yang kolom pertama adalah lebar dan kedua adalah tinggi dari gambar (lebar x tinggi).

resize-gambar-3

Note: Cukup satu ukuran saja yang Anda ubah, misalnya lebar yang awalnya 2000 diganti menjadi 1000 (artinya 1000px), maka tinggi gambar akan mengikuti secara proposional. Jika sudah diganti, Anda harus klik tombol Skala untuk benar-benar merubah ukuran ini. Seharusnya ukuran gambar telah berubah setelah Anda melakukan hal tersebut, dan Anda tidak perlu mengklik tombol Simpan untuk mendapatkan hasil resize gambar.

Memotong (Crop) Gambar

Masih dengan halaman yang sama seperti me-resize gambar di atas. Untuk memotong gambar, pada foto yang tampil, tarik (drag) di bagian mana dari foto yang tidak ingin dipotong.

Setelah menarik tadi, akan muncul garis seleksi kotak yang dapat Anda ubah-ubah (tarik) lagi.

Jika sudah mendapatkan ukuran yang tepat, klik ikon crop yang berada paling kiri dari ikon pengeditan di atas gambar. Dalam tahap ini, Anda masih dapat melakukan undo atau membatalkan pemotongan gambar.

resize-gambar-4

Setelah gambar dipotong, Anda harus klik tombol Simpan untuk menyimpan hasil edit crop.

Crop ini berbeda dengan mengecilkan gambar seperti sebelumnya yang tidak perlu mengklik Simpan. Untuk edit crop Anda harus klik tombol Simpan.

resize-gambar-5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *