Cara Mudah Tampilkan Gambar Thumbnail Blog di WhatsApp, Facebook, Twitter, dan Media Sosial Lainnya

Open Graph atau OG, itulah sebutannya. OG ini merupakan tag HTML khusus yang ditujukan agar sosial media (media social) dapat mengenali isi sebuah halaman atau page atau postingan di website.

Sehingga audience di sosial media tertarik untuk meng-klik artikel yang telah dibagikan, pasalnya tampilannya menjadi lebih menarik. Yang membuat menarik diantaranya yakni menampilkan gambar atau thumbnail dari blog tersebut.

OG dibutuhkan untuk meningkatkan jumlah pengunjung, termasuk website yang menggunakan WordPress.

Di WordPress tersedia banyak plugin di WordPress yang membuatnya menjadi sangat mudah. Bahkan, plugin yang sering digunakan untuk meningkatkan SEO seperti Yoast atau All In One Seo Pack telah menyediakan fitur ini.

Tapi, mesti telah menggunakan plugin SEO, terkadang, masih saja gambar tidak tampil ketika di share ke sosial media.

Jika terjadi masalah begini setelah menggunakan plugin SEO, tambahkan plugin OG. Tidak terlalu banyak memang pemakainya, saat artikel ini ditulis, hanya 10.000+, tapi plugin ini cukup efektif dan efisien.

Oke, langsung saja install OG di WordPress Anda dan jangan lupa di aktifkan, kalau tidak, biar sampai janur kuning mantan melengkung, tidak akan berpengaruh apa-apa :D.

Sudah, itu saja bro, mudah bukan. Hidup sudah gampang, jangan dibikin susah :D.

Selain itu, jika tidak ada gambar, dan hanya video Youtube di dalam artikel, OG ini akan mengambil thumbnail dari video Youtube.

Sebaiknya, sebelumnya telah menginstall plugin SEO seperti Yoast atau All In One SEO Pack.

Gambar Tidak Tampil Ketika Share ke Facebook?

Ini juga kadang terlihat menjadi menjadi masalah, seringkali membuat teman-teman om panik, mereka segera tanya ke om kalau gambar thumbnail postingan tidak tampil di Facebook (FB) setelah di share.

Jawabannya mudah, Om juga tidak tau kenapa :D.

Tidak tau kenapa kalau share YANG PERTAMA KALI ke Facebook gambar tidak tampil. Iya, itu hanya share yang pertama kali. Jadi untuk mengakalinya, setelah membuat sebuah artikel, Anda sebaiknya mencoba share artikel tersebut ke Facebook yang pertama kali sebelum orang lain.

Ketika Anda share, melalui tombol share di website atau melalui link/URL yang Anda taruh di postingan Facebook, sebelum betul-betul tampil ke audience Anda, akan tampil tinjauan (preview) FB terlebih dahulu, akan seperti apa ketika dibagikan.

Biasanya share yang pertama kali gambar tidak tampil pada preview. Dan yang perlu Anda lakukan adalah jangan melakukan apa-apa :D, maksudnya jangan klik Bagikan atau tombol sejenisnya. Jadi, yang mesti Anda lakukan yaitu membatalkan share.

Kemudian Anda share lagi yang kedua kali. yuhuiii, kali ini seharusnya gambar telah tampil pada preview Facebook, dan siap untuk dibagikan.

Lalu om, kalau masih belum tampil sampai beberapa kali ulang? Silakan Anda baca lagi artikel ini dari atas :D. Tidak mau? silakan komentar di bawah ini :D.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *