Cara Posting Artikel WordPress Via Email

Apabila Anda bermasalah mengakses halaman administrator WordPress, Anda masih dapat mengirim artikel via email. Atau bisa juga karena merasa nyaman update postingan dari email yang notabene sudah tersedia pada gadget Anda. WordPress memungkinkan Anda menulis atau mempublikasikan posting blog langsung dari email..

Selain alasan di atas, beberapa pengguna memilki beberapa alasan terkait kesulitan mengakses webnya. Atau juga sangat berguna bagi para jurnalis dan aktivis yang bekerja di daerah-daerah yang bermasalah dengan koneksi internet.

Fitur postingan melalui email memungkinkan Anda mempublikasikan konten walaupun Anda tidak dapat mengakses situs web Anda.

Ini juga dapat digunakan pada jaringan internet di mana akses ke website eksternal dibatasi, dipantau, atau dicatat.

Membuat Akun Email Rahasia

Pertama Anda perlu membuat akun email rahasia dengan akses POP3. Rahasia di sini maksudnya nama akun email tersebut tidak boleh dipublikasikan atau diberitahukan kepada siapa pun, kecuali yang berkepentingan terhadap pengiriman postingan.

Anda juga dapat membuat akun menggunakan Gmail, atau membuat email menggunakan domain sendiri. Kebanyakan layanan hosting memberikan email gratis untuk setiap domain yang Anda hosting dengan mereka.

Ketika membuat email, pastikan bahwa alamat email yang dipilih sulit ditebak. Anda harus menggunakan campuran huruf dan angka secara acak. Misalnya: 7c9wr5cz3k0@domainanda.com. Supaya tidak ada orang yang dapat menebak email ini.

Kenapa seperti itu, karena pada prakteknya ketika mengirim postingan via email, Anda mengirim ke alamat email ini. Email apa pun yang masuk ke alamat email rahasia ini akan dipublikasikan sebagai postingan blog.

Pengaturan di Website WordPress

Langkah selanjutnya yaitu melakukan pengaturan pada website WordPress Anda. Login ke area administrator web Anda, pada menu utama sebelah kiri pilih Pengaturan → Menulis.

Tapi fitur bawaan WordPress ini tidak memiliki fitur-fitur penting yang Anda butuhkan. Itulah mengapa Om menyarankan Anda menggunakan plugin. Salah satunya, melalui fitur bawaan ini kita tidak dapat menguji terlebih dahulu apakah pengaturan dengan server email telah berhasil atau belum.

Menggunakan Plugin Postie

Apabila Anda telah menggunakan plugin Jetpack, Anda dapat langsung melakukan pengaturan untuk mengaktifkan fitur kirim postingan melalui email menggunakan plugin tersebut. Tetapi kali ini Om akan membagikan cara pengiriman postingan via email menggunakan plugin Postie.

plugin-postie

Anda harus install dan aktifkan plugin Postie. Setelah aktif, plugin akan menambahkan satu menu baru bernama Postie yang apabila di klik akan mengarahkan Anda ke halaman pengaturan plugin.

Koneksi Menggunakan Email Hosting

Sebelumnya Anda harus membuat email yang dapat dilakukan melalui CPanel Anda, pada bagian Email → Akun Email, catat nama email dan password. Setelah dibuat klik Set Up Mail Client untuk melihat konfigurasi email, catat pada Server Masuk di kotak Secure SSL/TLS Settings. Catat nama server dan port POP3, untuk SSL ini biasanya POP3 Port: 995.

email-server-masuk

Masukkan pada tab Mailserver di pengaturan Postie.

pengaturan-email-postie
Contoh pengisian konfigurasi email
  • Connection, pilih Sockets
  • Mail Protocol, pilih POP3-SSL
  • Port dari konfigurasi email Anda
  • Mail Server, dari konfigurasi email Anda
  • Mail Userid, alamat email yang telah dibuat
  • Mail Password, kata sandi dari email yang telah dibuat
  • Check for mail every: pengecekan email masuk, secara default mengecek setiap 30 menit. Untuk pengujian keberhasilan, Anda dapat menggunakan 1 menit atau di bawahnya. Atau menggunakan pengambilan email secara manual melalui tombol Process Email.

Setelah itu tes koneksi terlebih dahulu melalui tombol Test Config yang berada di kotak sebelah kanan atas.

Koneksi yang berhasil akan menampilkan pesan seperti ini

sukses-konek-email-postie

Koneksi yang gagal akan menampilkan pesan ‘Unable to connect…..’. Periksa kembali pengaturan dan jalankan tes lagi melalui Test Config.

Siapa yang Bisa Posting Via Email?

Anda dapat mengatur siapa saja yang dapat melakukan postingan melalui email ini. Secara default hanya Administrator saja yang bisa. Untuk mengubahnya pilih tab User pada pengaturan Postie.

  • Roles That Can Post – Tambahkan centang level user lainnya agar diizinkan melakukan posting email
  • Authorized Addresses – Anda dapat menambahkan daftar (list) email yang memiliki wewenang untuk membuat postingan yang tidak memiliki akun pengguna WordPress. Tetapi lebih disarankan membuat pengguna daripada menggunakan pengaturan ini. Jika email yang masuk cocok dengan yang ada di list, maka poster (di bawah) akan terdaftar sebagai penulisnya.
  • Poster Default adalah pengguna WordPress yang akan muncul sebagai penulis untuk email yang diizinkan dari pengguna yang tidak terdaftar pada akun WordPress Anda.
  • Allow Anyone To Post Via Email, memilih Yes akan mengizinkan setiap email yang masuk untuk dipostingkan. Jangan lakukan ini tanpa alasan yang tepat.

Pengaturan Lanjutan Lainnya

Dengan Postie Anda dapat memposting artikel ke WordPress menggunakan semua fitur pengeditan postingan, termasuk pemformatan HTML, gambar, file audio dan video.

Kunjungi halaman pengaturan Postie, lalu pilih tab Message.

Pertama ganti Preffered Text Type menjad HTML untuk menampilkan gambar inline dan format HTML Anda sendiri.

Anda dapat memilih kategori dan tag default untuk semua postingan yang masuk melalui email. Anda juga dapat mengubah status posting default (publish dll) dan tipe postingan.

Selanjutnya alihkan ke tab Image, Anda akan menemukan banyak opsi dalam menangani gambar dalam email. Anda dapat mengatur lampiran email sebagai Gambar Unggulan atau gambar di dalam pos. Anda bahkan dapat mengizinkan Postie mendeteksi jumlah gambar dan kemudian membuat galeri dari lampiran gambar.

Untuk pengaturan file audio dan video Anda dapat melihat di tab Video and Audio. Postie dapat menyematkan video seperti WordPress, dan Anda juga dapat memasukkan shortcode.

Cara Sederhana Gunakan Postie Via Email

postie-cara-penggunaan
Contoh Pengisian di dalam email untuk mengirim postingan

Untuk menggunakan kategori dengan cara gambar di atas, sebelumnya Anda harus sudah membuat kategori tersebut pada WordPress Anda.

Dan bagaimana bentuk postingan yang masuk adalah berdasarkan pengaturan yang Anda lakukan pada Pengaturan Postie.

Untuk cara penggunaan lebih lanjut Anda dapat mengunjungi Dokumentasi di website Postie.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *