Cara Proteksi Postingan dan Halaman dengan Password

Mungkin saja Kamu berpikir membuat konten postingan blog yang ditujukan hanya untuk teman dekat atau keluarga. WordPress sudah memiliki fitur guna melindungi postingan menggunakan password.

WordPress memiliki banyak fitur bawaan yang sering diabaikan oleh pengguna, dan sering tidak diketahui ketika membuat artikel. Diantarannya yaitu pada Kenampakan (Visibility) yang berada pada sidebar kanan editor postingan di kotak Terbitkan.

Pada Kenampakan: Umum ini terdapat Lekatkan pos (post sticky), Dilindungi sandi, dan Privat.

Perbedaan Dilindungi Sandi dan Privat

Pada fungsinya pada dasarnya berbeda, tetapi bisa saja ketika melihat fitur ini membuat bingung.

Fitur privat hanya dapat terlihat oleh pengguna (user) yang login dan memiliki peran level Editor atau Administrator. Dan untuk level penulis hanya dapat melihat privat yang dibuatnya sendiri, tapi tidak dapat melihat artikel privat pengguna lain.

Sedangkan Dilindungi sandi, pengunjung web siapa pun tanpa perlu login ke dalam website dapat melihat dan membaca artikel selama mengetahui kata sandi (password) dari postingan yang telah diberi kata sandi.

Selain itu, untuk Privat, judul, kutipan, artikel, dan lainnya tidak dapat terlihat sama sekali pada daftar blog front end Anda.

Sementara, Dilindungi sandi, judul masih terlihat oleh pengunjung, hanya saja ketika masuk ke artikel tersebut akan diminta memasukkan kata sandi untuk melihat isi artikel. Tetapi apabila kamu ingin menyembunyikan dari daftar (list) blog, Anda dapat menambahkan fungsi pada tema Anda. Caranya dapat dilihat di bawah.

Cara Melindungi Postingan dengan Sandi

Sederhana, pada editor postingan atau halaman Anda di sidebar kanan pada kotak Terbitkan, klik Sunting pada Kenampakan: Umum, pilih Dilindungi sandi dan masukkan kata sandi Anda.

sticy-post

password-post 2

Akan terdapat tanda Terlindungi sebelum judul postingan. Dan ketika pengunjung masuk ke dalam artikel tersebut akan diminta memasukkan kata sandi seperti ini:

password-post 1

Cara yang sama digunakan untuk memproteksi laman dengan kata sandi.

Menyembunyikan Postingan dengan Sandi di Beranda atau Arsip Sepenuhnya

Postingan yang dilindungi kata sandi mungkin masih muncul di antara postingan lain di daftar blog Anda. Jika Anda ingin menyembunyikan sepenuhnya alias tidak terlihat sama sekali Anda harus menambahkan kode filter ini pada function di tema Anda, atau di plugin Anda.

// Hide protected posts
function hide_protected($where) {
    global $wpdb;
    return $where .= " AND {$wpdb->posts}.post_password = '' ";
}
 
// Where to display protected posts
function hide_protected_action($query) {
    if( !is_single() && !is_page() && !is_admin() ) {
        add_filter( 'posts_where', 'hide_protected' );
    }
}
 
// Action to queue the filter
add_action('pre_get_posts', 'hide_protected_action');

Karena tidak terlihat dihalaman beranda atau arsip Anda, untuk membagikan artikel yang dilindungi kata sandi kepada orang lain, Anda dapat mengirimkan URL beserta kata sandinya.

Satu pemikiran untuk “Cara Proteksi Postingan dan Halaman dengan Password”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *