Cara Simpan Pesan Contact Form 7 ke Database WordPress

Contact Form 7 (CF7) mengirim pesan pengunjung melalui email, tetapi tidak menyimpan pesan tersebut ke dalam database Anda. Anda dapat kehilangan pesan penting tersebut selamanya jika server email Anda mengalami masalah atau Anda membuat kesalahan dalam konfigurasi Email, atau pengiriman mengalami bounce.

Tetapi ada banyak plugin lain yang mendukung penyimpanan ke database Anda ketika Anda menggunakan CF7. Diantaranya plugin yang memiliki jumlah pengguna terbanyak yaitu Flamingo yang dipublikasi oleh pembuat CF7 itu sendiri Takayusi Miyoshi. Selain itu ada Contact Form 7 Database Addon – (CFDB7).

Menyimpan Pesan CF7 Menggunakan Flamingo

Menyimpan Pesan CF7 Menggunakan CFDB7

Cara penggunaannya sama-sama mudah, Anda tidak perlu melakukan konfigurasi apa-apa, cukup install dan aktifkan plugin, maka pesan akan masuk ke database selain mengirim ke email Anda. Tetapi Om akan sedikit mengulas fitur yang diberikan masing-masing plugin tersebut sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi Anda untuk memilih yang mana.

Menyimpan Pesan CF7 Menggunakan Flamingo

Setelah login, pada sidebar kiri Admin pilih Plugin → Tambah Baru. Pada kotak pencarian plugin ketik Flamingo. Setelah plugin diinstall dan aktifkan, akan ada tambahan menu baru yaitu Flamingo.

flamingo-1  flamingo-2

Anda akan dapat menemukan 2 menu lagi, daftar alamat pengirim (Address Book) dan Pesan yang masuk (Inbound Messages).

Selain informasi daftar pengirim, Anda dapat mengganti nama pengirim tersebut

flamingo-3

flamingo-4

Inbound Messages

flamingo-5-inbox

Klik tautan untuk melihat isi pesan pengunjung. Di sini selain isi pesan, akan ditampilkan juga informasi pengirim seperti alamat IP dan browser yang digunakan.

flamingo-6-inbox-content

 

Menyimpan Pesan CF7 Menggunakan CFDB7

Tambah baru plugin seperti di atas, install dan aktifkan Contact Form 7 Database Addon – (CFDB7). Akan terdapat satu menu baru yaitu Contact Forms.

cfdb-7  cfdb-7-1

Pada CFDB7 ini terdapat dua menu, Contact Forms untuk melihat daftar pesan yang dikirim dan Extensions dimana Anda dapat menambahkan ekstension lain guna meningkatkan fitur.

Salah satu kelebihannya, pada daftar pesan terdapat tombol Export CSV yang dapat Anda ekspor ke dalam format CSV, dapat dibuka menggunakan MS.Excel.

cfdb-7-3

cfdb-7-2

Selain itu melalui Extentions (add-on) Anda juga dapat menambahkan fitur lain seperti Export PDF File (ekspor database ke dalam file format PDF), CF7 Popup Message (mengganti validasi pesan sukses menjadi popup yang lebih cantik), dan CF7 Repeater (membuat bidang form secara dinamis). Klik tombol Get this Extension apabila ingin menambahkan ekstensi tersebut.

cfdb7-4

Informasi bagi developer (pengembang):

Flamingo menyimpan pesan ke database _posts bawaan WordPress, sedangkan CFDB7 membuat dan menyimpan ke tabel baru yaitu _db7_forms.

Baca juga:

Cara membuat Form Kontak dengan Contact Form 7

Integrasi Contact Form 7 dengan Google CAPTCHA

Cara hubungkan Akismet dengan Contact Form 7 untuk Menyaring Spam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *