Cara Tambahkan Video Youtube dan Membuatnya Rata Tengah di WordPress

Ketika Anda menyematkan suatu video di WordPress, secara otomatis akan rata kiri (align left). Ini terjadi karena video berasal dari luar web Anda, sehingga secara otomatis WordPress mengarahannya ke kiri. Membiarkan Anda memutuskan kemudian ingin menyesuaikan rata atau posisi video.

Untuk diketahui, menyematkan (embed) video lebih baik daripada Anda mengunggah video langsung ke website WordPres Anda.

Video Tampil Lebar Penuh

Pada WordPress, video dapat Anda tampilkan secara penuh, selebar halaman Anda. Untuk menampilkan video secara penuh di area konten Anda, cara terbaik dengan cara menambahkan URL video Youtube langsung di editor pos daripada menggunakan kode embed.

Caranya lebih mudah, cukup salin link dari video tersebut, kemudian paste di dalam teks editor WordPress Anda.

embed-video-youtube-0

Embed dari Youtube dan Tengahkan Video

Namun, karena suatu alasan, Anda mungkin ingin menggunakan kode embed. Untuk cara ini, Anda mesti menambahkan beberap kode HTML sederhana di sekitar penyematan video tersebut.

Pertama, Anda harus mengganti tampilan Visual menjadi Teks untuk penambahan kode HTML. Lalu tambahkan kode HTML berikut.

<div style="text-align:center;">

// kode video embed Anda di sini

</div>

Taruh kode embed video yang Anda salin dari penyedia video sharing seperti Youtube. Cara mengambil embed dari Youtube, buka halaman video Youtube yang akan di embed pada web Anda.

Di bawah video, klik tombol Bagikan, kemudian klik Sematkan. Akan tampil pop up, dan salin kode embed video tersebut.

embed-video-youtube-1embed-video-youtube-2

Anda sekarang dapat menyimpan perubahan dan mempratinjau postingan atau halaman. Video Anda akan tersusun rapi di tengah area konten Anda.

Anda juga dapat mengubah ukuran lebar dan tinggi dari video tersebut, dengan cara mengubah parameter “width” atau “height” dari kode embed tersebut (di dalam tanda petik).

embed-video-youtube-3

Mudahan tutorial ini dapat membantu Anda terhadap konten video di website WordPress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *