Upload WordPress dari Localhost ke Hosting Melalui CPanel

Setelah melakukan pembuatan dan proses pembuatan website melalui komputer lokal (localhost), tentunya ingin diunggah (upload) ke server atau hosting sebenarnya supaya website dapat ditemukan oleh orang banyak.

Sebenarnya ada beberapa cara guna unggah data dari localhost ke hosting, diantaranya menggunakan ftp (file transfer protocol) atau langsung menggunakan CPanel. Tapi kali ini Saya ingin membahas unggah data dan file menggunakan CPanel.

Cara Install WordPress di Komputer Sendiri (Localhost)

Arsipkan File dan Siapkan Database

Arsipkan File

  • Pertama kumpulkan seluruh file WordPress dengan membuka folder C/xampp/htdocs/nama-webstite (apabila menggunakan server local Xampp).
  • Arsipkan seluruh file ke dalam file .zip.

Siapkan Database

Langkah (1): Buka browser, ketik localhost/phpmyadmin, klik database dari website wordpress yang telah Anda buat di localhost untuk membuka seluruh tabel database.

Langkah (2): Centang semua tabel WordPress dengan klik Check All yang ada di bawah tabel-tabel.

upload hosting check-all

Langkah (3): Klik menu Ekspor yang ada di atas, kemudian klik Kirim untuk mendownload seluruh data MySql website Anda.

upload hosting ekspor

Catatan: untuk mempermudah upload ke hosting, sebaiknya kumpulkan arsip file data dan sql dalam satu folder.

Upload Semua Data ke Hosting

Sebelum upload ke hosting Anda harus telah memiliki domain dan hosting sebenarnya, apabila belum Anda dapat klik di sini untuk menyewa hosting dan domain.

Masuk / login ke CPanel Anda. Umumnya dengan cara ketik di pramban Anda dengan nama-domain-anda/cpanel. Login menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang Anda dapatkan ketika menyewa hosting.

Buat Database

Buat database MySQL, salin nama database, sandi database, dan nama pengguna database. Untuk pembuatan database klik di Membuat Database di CPanel Hosting.

upload hosting db-1

N.B Catat nama database, nama pengguna, dan kata sandi database.

Upload Database ke phpMyAdmin

Langkah (1): cari section Database dan klik phpMyAdmin, Anda akan diarahkan ke halaman phpMyAdmin

upload hosting - myadmin (3)

Langkah (2): klik nama database yang telah dibuat sebelumnya untuk membuka tabel yang tentunya masih kosong.

Langkah (3): klik menu impor, klik Choose File dan cari file sql yang telah Anda ekspor dari localhost, lalu klik Go untuk mengimpor seluruh database ke database hosting.

Tunggu sampai proses upload selesai dengan keseluruhan data sukses terunggah.

Ganti Url Option WordPress

Masih di phpMyAdmin, klik kembali nama database yang telah dibuat dan telah di unggah dengan sql localhost.

Klik tabel wp-options, pada baris satu dan dua ganti pada kolom option_value dengan nama lengkap domain anda disertai http atau https apabila hosting Anda telah mendukung SSL.

Upload File WordPress

Kembali ke halaman utama CPanel, dan pada section File klik Pengelola File. Anda akan diarahkan ke halaman pengelolaan file hosting. Di halaman ini cara penggunaanya kurang lebih seperti Anda mengelola file pada File Explorer di Windows.

upload hosting - manag file (2)

Masuk ke folder public_html, lalu klik tombol Unggah / Upload di atas pengelola file. Pilih file .zip yang telah Anda arsipkan sebelumnya untuk melakukan proses upload file. Tunggu sampai selesai.

Apabila sudah selesai, ekstrak file .zip wordpress Anda.

Hubungkan Ke Database

Masih belum selesai guys, masih dalam folder public_html cari file wp-config.php, klik kanan dan klik edit.

Ganti DB_NAME dengan nama database, DB_USER dengan nama pengguna database, dan password dengan password database yang telah dibuat ketika pembuatan Database MySql. Yang di ganti di dalam tanda kutip di sebelah nama definisi (lihat gambar).

upload hosting - manag file (4)

Simpan Ulang Permalink

Seharusnya website anda sudah bisa dibuka, tetapi sayangnya ketika klik url di dalam website masih belum berhasil.

Cara memperbaikinya cukup mudah, masuk halaman Administrator dengan login ke website WordPress Anda yang telah online tersebut.

Setelah login masuk ke Pengaturan – Permalink. Klik Simpan Perubahan untuk menyimpan ulang dan mereload dengan url domain yang baru.

Yup, seharusnya website Anda sudah berjalan dengan baik. Tapi masih ada satu lagi yang masih perlu diperbaiki, yaitu kemungkinan ada banyak gambar yang masih menggunakan url gambar lama di localhost. Periksa gambar-gambar yang hilang dengan simpan ulang gambar Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *