Cara yang Benar Menghilangkan Versi WordPress

Secara default WordPress meninggalkan jejak di website Anda, yaitu meta tag generator yang memberi tahu versi WordPress yang Anda gunakan. Tujuannya sebagai pelacakan.

Meta generator dapat Anda temukan dengan klik kanan website Anda dan klik Lihat sumber halaman, apabila Anda menggunakan browser Chrome. Cari meta dengan nama ‘generator’ pada head HTML Anda.

Dengan adanya informasi versi WordPress ini sama dengan memberi informasi yang berguna bagi peretas. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir apabila Anda telah menggunakan versi WordPress terbaru. Karena bug atau celah yang terdapat pada versi WordPress sebelumnya itulah yang sering menjadi acuan peretas untuk mencari informasi versi WordPress calon korbannya.

Tetapi, mungkin karena penyebab tertentu Anda tidak menggunakan versi terbaru, atau alasan lainnya, tutorial kali ini dapat Anda ikuti.

Ada banyak cara menghilangkan versi WordPress dari header Anda, tetapi hanya ada satu cara yang benar dalam hal ini. Yang paling sering ditemui dari saran beberapa blog yang Anda temui yaitu dengan menambahkan fungsi berikut pada functions.php tema Anda:

remove_action('wp_head', 'wp_generator');

Tetapi sayangnya cara ini tidak memberikan Anda solusi, peretas yang cerdas masih dapat menemukan meta generator Anda dari tempat lain, seperti melalui RSS Feed atau lainnya.

temukan-versi-wordpress-4

Supaya Anda benar-benar dapat menghapus versi WordPress, Anda dapat menambahkan fungsi filter seperti berikut ke  dalam file functions.php tema Anda:

function owmp_remove_version() {
     return '';
}
add_filter('the_generator', ' owmp_remove_version’); 

Dengan menambahkan fungsi ini Anda akan menghilangkan nomor versi WordPress dari semua area yang berbeda di website Anda. Semoga tutorial ini membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *