Lindungi Form Login dan Komentar dari Spam dengan CAPTCHA Google

Salah satu cara mencegah bot spam secara efektif adalah menggunakan CAPTCHA pada form-form, seperti login, komentar, form kontak, dan lainnya.

Dan yang cukup populer yaitu penggunaan CAPTCHA Google, seperti tanda centang Saya Bukan Robot, pengguna atau pengunjung diminta mengkonfirmasi bahwa mereka bukan robot sebelum formulir dikirimkan. Sangat mudah bagi orang tapi sulit bagi bot.

versi-2

Pertama Anda perlu menginstall dan mengaktifkan plugin Google Captcha (reCAPTCHA) by BestWebSoft. Setelah diaktifkan, plugin menambahkan menu Google Captcha di admin WordPress Anda. Mengkliknya akan membawa Anda ke halaman pengaturan plugin.

hal-utama-captcha-google

Untuk dapat menggunakan plugin dan Google CAPTCHA Anda harus mendapatkan kunci API google. Caranya mudah, klik Get the API Keys, kemudian Anda akan di bawa ke halaman registrasi API CAPTCHA.

 

link-key

Dapatkan API Key dari Google

Anda harus login terlebih dahulu menggunakan akun email Gmail Anda.

Selanjutnya, isi Label sesuai keinginan Anda. Pada Choose the type of reCAPTCHA Anda diminta memilih model CAPTCHA yang akan ditampilkan, untuk pengguna web WordPress dapat memilih tipe pertama reCAPTCHA v2 dan Invisible reCAPTCHA.

reCAPTCHA v2, validasi pengguna menggunakan kotak centang Saya bukan robot (I’m not robot) akan menampilkan kotak centang, dimana seorang pengguna harus mencentang terlebih dahulu sebelum formulir dikirim.

Invisible reCAPTCHA tidak akan menampilkan kotak centang, tapi proses pencegahan spam bot dilakukan dibelakang tanpa harus menampilkan kotak centang. Tetapi apabila Google reCAPTCHA menduga sesuatu yang mencurigakan otomatis akan menampilkan pilihan kotak-kotak yang harus dipilih pengguna setelah formulir dikirim.

register-captcha

Invisible reCAPTCHA yang aktif akan menampilkan tanda Google reCAPTCHA seperti gambar berikut di bawah pojok kanan halaman form.

invisibel-captcha-1

Domains, isi dengan domain website yang Anda ingin tampilkan CAPTCHA-nya tanpa menggunakan http:// dan https://. Centang Accept the reCAPTCHA Term of Service, dan klik Register. Anda akan mendapatkan Site Key dan Secret Key.

Integrasikan Key dengan Plugin

Masukkan Site Key dan Secret Key pada kolom inputannya di pengaturan Google CAPTCHA di halaman admin WordPress Anda.

hal-utama-captcha-google

Pada pengaturan General >> WordPress default centang dimana saja Anda ingin CAPTCHA tampil.

Hide reCAPTCHA for, Anda dapat menghilangkan CAPTCHA untuk pengguna Adminstrator, Penyunting, Penulis, Kontributor, atau Pelanggan.

ReCAPTCHA version, Anda memilih salah satu versi CAPTCHA:

form-versi

Version 1 merupakan tipe CAPTCHA jenis teks yang nantinya harus dimasukkan pengguna sebelum mengirimkan form. Dan memiliki pilihan jenis warna utama: white, red,  blackglass, dan clean.

versi1-white
Version 1 dengan warna putih

Version 2 menampilkan tanda centang Saya bukan robot (I’m not robot) dengan dua pilihan warna, warna terang (light) dan gelap (dark).

versi-2
Version 2 dengan warna terang (light)

Invisible sama seperti penjelasan sebelumnya di atas pada Invisible reCAPTCHA.

invisibel-captcha-1

Klik Simpan perubahan untuk mengaktifkan reCAPTCHA, seharusnya sampai di sini form login, atau komentar, atau lainnya telah memiliki reCAPTCHA.

Cara Mengaktifkan reCAPTCHA pada Contact Form 7 dapat dibaca di sini.

2 pemikiran untuk “Lindungi Form Login dan Komentar dari Spam dengan CAPTCHA Google”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *