Membuat Tampilan Web Jadi “Sedang Perbaikan (Under Construction)” WordPress

Ketika sedang melakukan perbaikan website khususnya perbaikan script maupun alasan lainnya, tentu ingin menampilkan tulisan atau gambar under construction atau Sedang Perbaikan. Tujuannya supaya selama perbaikan tidak ingin pengunjung website melihat munculnya error selama perbaikan, kecuali si developer tersebut.

Contoh salah satu tampilannya seperti ini, selain tulisan dapat pula menambahkan counter mundur waktu untuk aktif.

Untuk WordPress ada dua cara mudah, pertama cara manual dengan menambahkan beberapa script di .htaccess dan kedua menggunakan plugin.

Om merekomendasikan menggunakan plugin karena lebih sederhana dimana si developer tidak mesti bolak-balik masuk ke CPanel untuk sekedar mengganti perubahan yang bersifat sementara.

Selain itu, plugin ini juga tidak harus selalu diaktifkan. Jadi ketika selesai melakukan proses editing script dan telah mengembalikan tampilan web seperti semula, plugin ini dapat dinonaktifkan.

Maka kali ini Om hanya akan membahas cara menggunakan plugin.

  1. Login, masuk menu Plugin – Tambah Baru, ketik kata kunci “under construction”.
  2. Klik Install plugin Sedang Perbaikan oleh WebFactory Ltd, dan Aktifkan.
  3. Jika telah aktif, masuk ke Pengaturan – Dalam Masa Pembangunan, Anda akan masuk ke pengaturan ini.
  4. Cara paling sederhana, pada tab Utama, pada daftar Dalam Mode Kontstruksi klik untuk mengganti menjadi On, scroll ke bawah dan klik tombol Simpan Perubahan.

Sudah selesai, bagi pengunjung akan menampilkan under construction, tetapi bagi admin yang sedang login tetap dapat melihat tampilan aslinya. Plugin juga menyediakan berbagai pengaturan lainnya baik desain dan isi konten, dan Anda dapat mencobanya.

Jangan lupa mengembalikan ke posisi Off kalau telah melakukan perbaikan dan ingin menampilkan tampilan website sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *