Mudah Temukan ID Postingan dan Gambar WordPress Tanpa Plugin

Ketika menggunakan tema atau plugin WordPress, terkadang perlu menginput data yang memerlukan ID berdasarkan postingan, atau gambar, laman, kategori,  tag, pengguna, atau lainnya. Hal tersebut biasanya tergantung pembuat tema maupun plugin tersebut.

Meskipun terkesan sederhana, bisa jadi cukup membingungan pengguna WordPress. Pasalnya secara default, ID postingan (pos) tidak ditampilkan pada halaman administrator. Kita dapat menemukan judul postingan, juga dapat menemukan URL postingan, tapi tidak menemukan ID postingan.

Guna menemukan ID postingan ini sebagian pengguna menggunakan plugin penampil ID. Tetapi saya lebih menyukai cara lain yang lebih mudah dan cepat, apalagi ID yang ingin digunakan tidak terlalu banyak dan sering, hanya sesekali saja.

Cara tercepat dan termudah untuk menemukan ID postingan yaitu langsung berada di halaman utama postingan – ditemukan dengan masuk ke dasbor WordPress dan mengklik Post > Semua Pos.

Dari sini cukup arahkan kursor mouse ke pos yang ingin Anda cari ID-nya. Sekarang lihat di pojok kiri bawah layar monitor.

Lihat kotak pop-up yang muncul, itu berisi ID postingan.

Untuk lebih spesifik, pos ID adalah nomor diantara “post=” dengan “&”.

Lihat yang saya maksud pada screenshot diatas. Pada contoh ini, ID pos saya adalah 13

Selain cara diatas, Anda juga dapat menemukan ID pos dengan mengklik pos yang Anda ingin ambil ID-nya. ID pos berada pada bar alamat website, dan sama seperti diatas, ID berada diantara “post=” dan “&”.

temukanid2

Kedua cara diatas sangat mudah dilakukan, dan tidak membutuhkan waktu lama untuk menemukan ID pos.

Cara diatas juga dapat diterapkan guna menemukan ID dari laman, kategori, tag, komentar, pengguna, dan gambar.

Tetapi untuk kategori dan tag sedikit berbeda, ID bukan diantara “post=” dan “&”, tetapi berada diantara “tag_ID” dan “&”.

temukanid3

Mudahnya, biasanya ID berupa angka atau nomor pada tautan URL atau link.

Begitulah cara mudah mencari ID dari postingan, gambar, kategori, dan lainnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Apabila masih bingung, silahkan komentar di bawah.

2 pemikiran untuk “Mudah Temukan ID Postingan dan Gambar WordPress Tanpa Plugin”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *