Notif “PHP Update Required” di WordPress dan Cara Update Versi PHP Melalui CPanel

Belakangan ini, sejak Juni khususnya, pengguna yang cukup lama menggunakan WordPress untuk website atau blognya, akan mendapati pesan pada dasbor admin setelah login. Pesannya seperti pada gambar berikut:

Ini adalah permintaan agar melakukan update versi dari PHP yang digunakan.

Notifikasi ini merupakan bagian dari rilisnya WordPress versi 5.4.2. WordPress meningkatkan rekomendasi versi PHP minimum menjadi yang dapat diterima yaitu versi 7.2. Dan informasi di halaman unduhan WordPress bahkan versi 7.3.

Cara Update Versi PHP Melalui CPanel

Untuk melakukan update versi PHP bagi pengguna CPanel caranya cukup mudah. Setelah login ke CPanel Anda, pada bagian Perangkat Lunak klik Select PHP Version.

Catatan: sebaiknya lakukan backup seluruh data dan berkas (file) website Anda terlebih dahulu.

Ingat, catat versi PHP yang Anda gunakan saat ini sebelum melakukan update ke versi yang lain. Klik pilihan Versi PHP, pilih versi 7.2 atau 7.3, kemudian klik tombol Set as current. Cara ini akan menyimpan versi PHP secara default ke versi 7.3 untuk hosting Anda.

Cek webiste WordPress Anda, Jika terjadi error setelah update versi PHP, sama dengan cara seperti di atas, kembalikan ke versi sebelumnya.

Mungkin lebih baik lagi jika Anda telah mengupdate versi WordPress Anda ke versi 5.4.2, tapi pastikan backup terlebih dahulu semua data dan berkas WordPress Anda sebelum lakukan update. Pasalnya, khususnya tema yang Anda gunakan belum tentu mendukung versi terbaru dari WordPress maupun versi PHP yang baru ini, sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan Anda telah memilik backup dan dapat melakukan restore kembali.

Apa yang Baru di WordPress Versi 5.4.2

Untuk informasi, pada rilis 5.4.2 perubahan besar terjadi pada plugin Gutenberg dan WordCamp Europe.

Tim Inti meluncurkan Gutenberg versi 8.3 dan 8.4 yang membuka jalan beberapa fitur editor blok yang menarik. Versi 8.3 memperkenalkan peningkatan seperti kategori blok yang ditata ulang, lebih intuitif, pemilih blok induk, kontrol spasi eksperimental, dan opsi warna tautan (link) yang dikontrol pengguna.

Sedangkan versi 8.4, dilengkapi dengan alat pengeditan gambar baru dan kemampuan opsi mengedit untuk banyak blok. Fitur pencarian direktori blok yang sebelumnya tersedia sebagai fitur eksperimental, sekarang diaktifkan untuk semua instalasi Gutenberg.

Pembaruan berikutnya, tentang notifikasi rekomendasi versi PHP seperti yang dibahas sebelumnya. Selain itu WordCamp Europe 2020 yang dilakukan sepenuhnya secara daring (online) dari 4 hingga 6 Juni. Tercatat 8.600 pendaftar dari 138 negara, bersama 2.500 pendaftaran untuk hari kontributor. Apakah Anda salah satunya?

WCEU daring juga menampilkan 33 pembicara dan 40 sponsor, selain Q&A dengan Matt Mullenweg. Anda dapat menyaksikan video siaran ulang atau langsung kegiatannya melalui WordPress.tv atau WP Europe YouTube Channel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *