Plugin Gratis Keren Penampil Trafik Google Analytics di Dasbor WordPress

Cukup banyak plugin yang berfungsi menghubungkan Google Analytic (GA) dengan WordPress, juga sekaligus untuk menampilkan trafiknya di halaman administrator WordPress. Tentunya supaya lebih mudah memantau pengunjung langsung dari satu platform.

Kebanyakan plugin versi gratisan tidak begitu banyak yang memberikan pilihan, khususnya tampilan berdasarkan real-time, hari ini, 7, 14, 30, 90 hari terakhir, setahun, berdasarkan page view, session, traffic, browser, gadget pengunjung dan lain-lain. Biasanya versi gratis hanya menampilkan perbulan.

Sebelumnya ada plugin gratis bernama Google Analytic Dashboard for WP (GADWP) yang menampilkan trafik GA di dasbor admin dan memiliki semua kebutuhan di atas.

Meski tampilannya sederhana, beberapa client Om menyukainya, mungkin karena kemudahan dan kesederhanaanya tersebut, selain itu karena tampil dalam satu tempat di admin WordPress alias tidak perlu login ke akun Google Analytics. Dan juga letaknya berada di dasbor WP, jadi setelah pengguna login akan langsung dapat melihat trafik.

Tapi sayangnya (bagi pencinta plugin gratisan :D), baru-baru ini sejak GADWP menjadi premium, untuk mendapatkan fitur-fitur tersebut harus menggunakan plugin premium.

Tetapi memang, tampilan sekarang menjadi lebih berwarna 😀 dan mungkin lebih lengkap.

Tapi jangan khawatir, ternyata ada plugin penggantinya yang tampilannya hampir sama persis atau memang sama persis :D, yaitu GAinWP Google Analytics Integration for WordPress.

Langsung saja, untuk caranya setting-nya juga cukup sama, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah (1) – Sebelum menghubungkan ke WordPress, Anda sebelumnya harus membuat akun Google Analytics terlebih dahulu, dapat Anda baca di

Cara Melihat Trafik/Jumlah Pengunjung Website dengan Google Analytic di WordPress.

Langkah (2) – Jika sudah membuat akun GA, install dan aktifkan plugin GAinWP Google Analytics Integration for WordPress.

Langkah (3) – Setelah mengaktifkan plugin, akan tampil satu menu baru yakni Google Analytics, masuk ke menu Google Analytics – General Settings.

Langkah (4) – Pada Setup Mode pilih Tracking & Reporting, kemudian klik tombol Authorize Plugin.

Langkah (5) – Klik link Get Access Code maka Anda akan diarahkan ke halaman authorize google. Login menggunakan akun Google Analytics Anda akan ke halaman authorize, dan setelah klik tombol Izinkan, Anda akan mendapatkan kode seperti berikut:

Langkah (6) – Salin (copy) kode tersebut dan kembali ke halaman setting Google Analytic lalu paste ke isian Access Code, kemudian klik tombol Save Access Code.

Langkah (7) – Pilih akun Google Analytic yang telah Anda siapkan untuk web ini, klik tombol Lock Selection untuk mengunci pilihan Anda, lalu scroll ke bawah dan klik tombol Save Changes.

Sip, seharusnya Google Analytic sudah terhubung dan Anda dapat melihat trafiknya di halaman dasbor WordPress Anda.

Agar Admin Tidak Terlacak GA, Untuk Dapat Real Data

Anda juga dapat mengatur siapa saja admin yang tidak perlu terlacak oleh GA, maksudnya ketika admin login dan membuka postingan atau halaman website tidak akan tercatat oleh GA tersebut. Tujuannya untuk mendapat data real pengunjung.

Caranya, masuk Google Analytics – Tracking Settings, pilih tab Exclude Tracking, kemudian centang hak akses pengguna yang ingin diabaikan oleh GA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *