Cara Mudah Backup dan Restore Data WordPress dari Halaman Admin

Backup merupakan hal krusial yang mesti dilakukan dalam aktifitas data, termasuk web. Anda tentu tidak ingin hasil kerja keras lenyap begitu saja.

Dalam penggunaan server dan hosting, banyak kemungkinan kehilangan data dapat terjadi, yang paling sederhana dan sering Om dengar dan baca yaitu karena webnya di hack lalu konten-konten di dalamnya di hapus. Lainnya sebab hosting yang telah expired dan belum sempat melakukan backup sama sekali.

Yang kedua di atas termasuk paling sering terjadi, hosting telah expired namun tidak sempat backup data. Ketika suatu saat kembali ingin menggunakan data website tersebut namun sayangnya tidak memiliki cadangan data sama sekali atau sangat sedikit.

Ada beberapa cara untuk membuat backup untuk web berbasis CMS WordPress. Salah satunya, WordPress telah menyediakan backup data konten melalui halaman administrator web WordPress. Dan juga tersedia restore (mengembalikan) data kembali. Cara backup dengan cara ini tergolong mudah, Anda cukup melakukannya melalui halaman Administrator login Anda.

Cara Backup Data Konten

Setelah login ke halaman administrator, cari Perkakas – Ekspor. Setelah masuk ke halaman Ekspor Anda akan menemukan beberapa pilihan jenis konten yang akan dicadangkan. Silahkan pilih sesuai kebutuhan Anda, lalu klik Unduh Berkas Ekspor.

ekspor---backup-di-admin-1

Tunggu beberapa saat sampai proses pengunduhan selesai. Apabila telah selesai Anda akan mendapatkan file hasil download dalam format dokumen XML dengan nama web dan tanggal diunduhnya berkas. Simpan file tersebut sebagai data backup yang suatu saat dapat Anda kembalikan (restore) baik ke web tersebut maupun ke web WordPress lain. Sangat mudah.

Cara Restore Data Konten

Pada halaman administrator, masuk ke Perkakas – Impor. Anda akan dihadapakan berbagai pilihan mengimpor data, baik dari data Blogger, RSS, sampai WordPress. Kali ini kita akan belajar backup melalu data WordPress yang telah dicadangkan sebelumnya.

impor---restore-di-admin-1

Pada pilihan impor melalui WordPress klik Pasang Sekarang guna menginstal plugin WordPress Importer karya wordpressdotorg.

impor---restore-di-admin-2

Setelah selesai pemasangan, klik Jalankan Pengimpor. Anda akan dihadapkan pada proses pemilihan file yang akan diunggah. Klik Choose File dan pilih file backup XML WordPress, kemudian klik Unggah berkas dan impor.

impor---restore-di-admin-3

Selanjutnya Anda akan dihadapkan pada penetapan Penulis terhadap konten yang akan diimpor untuk menyesuaikan dengan pengguna yang sudah ada pada website yang akan melakukan impor.

Apabila ingin menggunakan salah satu pengguna yang sudah ada, Anda dapat memilih salah satu. Atau Anda dapat membuat nama pengguna baru yang nantinya akan dibuatkan kata sandi secara acak.

Jika telah selesai dalam pengaturan penulis ini klik Kirim untuk melanjutkan proses impor.

impor---restore-di-admin-4

Tunggu proses impor beberapa saat sampai mendapatkan pesan Sudah selesai…, yang berarti proses restore web WordPress telah berhasil dilakukan.

Melalui cara restore tersebut, apabila terdapat artikel yang sama, artikel tetap ditambahkan tetapi dengan slug penambahan nomor, misalnya halo-dunia, yang sama berubah menjadi halo-dunia-2, dst. Jadi, sebaiknya tidak melakukan restore apabila masih terdapat data-data yang lama atau sama karena akan terdapat artikel ganda.

Dalam percobaan kami, data yang berhasil diimpor dan berhasil direstore selain isi tulisan juga termasuk gambar dan gambar unggulan yang telah diekspor sebelumnya. Tetapi apabila Anda mengalami hal yang berbeda silahkan komentar di bawah untuk dibahas bersama.

Selain itu pada percobaan ini menggunakan ekspor dan impor pada web yang berbeda tetapi dengan versi WordPress yang sama (4.9.6).

Untuk dipahami kembali, cara backup tersebut mudah dilakukan terhadap konten, tetapi belum membackup data file secara keseluruhan seperti tema, plugin, dan lainnya, dan bahkan gambar masih bisa hilang. Untuk backup secara keseluruhan dapat dibaca pada artikel Om Cara Backup Lengkap WordPress dari CPanel.

2 pemikiran untuk “Cara Mudah Backup dan Restore Data WordPress dari Halaman Admin”

  1. kalau untuk web movie, cara ini, ngga bisa bang..
    apalagi, yang postingannya 2000+
    sudah saya coba..

    dengan postingan sekitar 2500..
    yang ter-restore hanya 1400..

    itupun, gambarnya, banyak yang ngga ke restore..
    mungkin cuma 100 an..

    ada solusi lain?
    jangan yang melalui cpanel.
    karna, saya tidak menggunakan cpanel.

    makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *