Tambahkan Rel Nofollow dan Title pada Link Postingan WordPress

Secara default, ketika kita menambahkan tautan (link) eksternal, WordPress tidak menyediakan rel nofollow dalam editor postingan. Melalui nofollow ini berarti memberitahukan mesin telusur untuk tidak pembuat link untuk tidak mengikuti tautan tersebut.

Dalam istilah SEO, pemberian link eksternal tanpa nofollow ini biasa disebut backlink. Menurut orang-orang yang mendalami SEO (Search Engine Optimization), apabila memberikan backlink ini ke website lain, akan memberi nilai lebih terhadap peningkatan peringkat web atau artikel yang di link tersebut pada mesin pencari.

Menurut Google, beberapa alasan untuk mempertimbangkan penggunaan nofollow pada link dapat Anda baca di sini.

Cara Menambahkan Nofollow Tanpa Plugin

Meskipun secara default WordPress tidak menambahkan nofollow, Anda dapat menambahkan secara manual dengan mengetikkan rel=”nofollow” di dalam tag <a> tautan keluar yang Anda buat. Untuk penulisan secara manual, setelah Anda membuat tautan, masuk ke editor Teks dan cari tautan yang telah Anda buat tersebut kemudian tambahkan rel=”nofollow”. Sedangkan untuk title tambahkan title=”Title Anda”. Contohnya seperti ini:

<a href=”(tautan eksternal)” title=”Title Anda” rel=”nofollow”>Teks tautan</a>

Sebenarnya tidak begitu sulit menggunakan cara manual ini. Tetapi mungkin agak sedikit merepotkan karena harus bolak-balik dari tampilan editor visual ke teks, apalagi bagi yang sering membuat tautan eksternal.

Cara Menambahkan Nofollow Menggunakan Plugin

Ketika Anda akan membuat tautan akan tampil pop up untuk menambahkan tautan, secara default melalui tampilan visual, WordPress tidak ada untuk nofollow itu. Tampilannya seperti ini:

nofollow

Untuk menampilkan kotak centang nofollow, Om lebih rekomendasi menggunakan plugin Title and Nofollow For Links. Selain dapat menambahkan nofollow Anda juga dapat sekaligus menambahkan atribut title (Teks yang muncul ketika kursor diarahkan ke tautan).

Apabila Anda telah menginstall dan mengaktifkan plugin tersebut, secara otomatis kedua atribut (rel dan title) tersebut telah ditambahkan ke dalam editor visual Anda tanpa perlu melakukan pengaturan apa pun lagi karena memang tidak ada.

nofollow-1

nofollow-2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *